Puluhan Juta Warga Jatim Jadi Peserta JKN

Selasa 04-06-2024,13:21 WIB
Editor : Naya Pramestya Zahra

AMEG.ID, Jawa Timur - Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono menyebut peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Jatim mengalami peningkatan secara signifikan dalam tiga tahun terakhir.

 

Mengutip Liputan 6, Adhy menjelaskan per Mei 2024 tercatat ada sebanyak 38,7 juta jiwa atau 93, persen telah menjadi peserta JKN dari total 41,4 juta jiwa penduduk di Jatim. Angka itu merupakan total dari pengguna JKN yang tersebar di 26 Kabupaten/Kota di wilayah Jawa Timur.

 

Lebih lanjut, menurut Adhy dengan meningkatnya kepesertaan JKN harus juga diimbangi dengan ketersediaan sarana, prasarana, serta fasilitas kesehatan di Jawa Timur. Hal itu untuk memastikan agar masyarakat tidak terkendala baik secara finansial maupun dalam mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas.

 

"Untuk mewujudkan hal tersebut sangat dibutuhkan kolaborasi serta sinergi antar lembaga dan pemerintah daerah. Sehingga kedepannya fasilitas itu bisa semakin kuat dan berdampak dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Jawa Timur," tambah Adhy. (YO-NY/LIPUTAN 6)

 

Kategori :