Khofifah Dilaporkan ke KPK Atas Dugaan Korupsi di Kemensos

Rabu 05-06-2024,12:21 WIB
Editor : Naya Pramestya Zahra

AMEG.ID, Jawa Timur - Pelaporan Khofifah kepada KPK pada Selasa (3/6/2024) dilakukan oleh sekelompok orang dari Forum Komunikasi Masyarakat Sipil. Dalam laporan itu khofifah Indar Parawansa pada kapasitas sebagai Menteri Sosial (Mensos) 2014-2018.

 

Mengutip Suara Surabaya, Perwakilan Forum Komunikasi Masyarakat Sipil Sutikno menjelaskan ada tiga orang yang diduga melakukan korupsi. Selain Khofifah, ada pejabat Pusdatin di Kemensos Mumu Suherman dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) yang sekarang sebagai Plt Gubernur Jatim Adhy Karyono.

 

Sutikno menjelaskan pada tahun 2015 lalu di Kemensos ada program verifikasi dan validasi data orang miskin yang sebetulnya diadakan di tingkat desa, kecamatan sampai Kabupaten. Namun rata rata kegiatan yang tercatat dalam pelaksanaan program itu fiktif.

 

"Itu kan orang datang, orang datang ada biaya makan, ada apa, itu rata-rata nggk ada. Targetnya kan 15 juta keluarga miskin yang mau diverifikasi. Ternyata mereka hanya memakai data BPS yang dianggap sudah diverifikasi. Tapi fakta lapangan enggk ada sehingga ada fiktif 98 miliar," kata Sutikno. (WL-NY/SUARA SURABAYA)

Kategori :