Bapanas Tugaskan Bulog Serap 600 Ribu Ton Beras

Jumat 09-08-2024,11:36 WIB
Editor : Naya Pramestya Zahra

AMEG.ID, Indonesia - Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan penambahan target penyerapan beras produksi dalam negeri sampai akhir 2024 di angka 600 ribu ton. Selain itu BPS juga memproyeksikan produksi beras akan terus bertambah sejak Juni sampai September mendatang.

 

Melansir Agrofarm, kata Arief perlu adanya penekanan tentang kebijakan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) dari Bapanas ke Bulog dengan tujuan untuk menjaring pengamanan bagi petani. Sehingga sebisa mungkin harga gabah tidak boleh sampai turun dibawah HPP.

 

"Hal lain yang perlu ditekankan bahwa kebijakan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) dari Badan Pangan Nasional ke Bulog berfungsi untuk jaring pengaman bagi sedulur petani. Jadi untuk harga tidak boleh sampai turun dibawah HPP agar para petani tidak merugi, pedagang bisa untung, dan masyarakat senang saat belanja," kata Arief.

 

Arief menyebut total penyerapan produksi dalam negeri oleh bulog per 3 Agustus mencapai 777 ribu ton. Sementara itu inflasi beras cukup tinggi di tahun ini tercatat pada bulan Februari sebesar 5,32 persen. (DP,WL-NY/AGROFARM)

Kategori :