Kemenparekraf Ajak Komunitas Parekraf Untuk Memajukan Sektor Parekraf Daerah.

Selasa 17-09-2024,15:28 WIB
Reporter : Naya Pramestya Zahra
Editor : Naya Pramestya Zahra

Jakarta, AMEG.ID - Menparekraf - Sandiaga Salahudin Uno mengatakan komunitas ini merupakan garda terdepan dalam pemerintah di sektor parekraf.

“Komunitas ini adalah garda terdepan kita (di sektor parekraf). Karena mereka yang terjun langsung di lapangan, mereka menggeluti bidang sesuai dengan passion mereka dan menjadi mitra pemerintah," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan tertulis, Selasa (17/9/2024). 

Menurut Sandiaga, selama ini komunitas masih kurang banyak dilibatkan dalam upaya pengembangan potensi di sektor parekraf. Oleh karena itu, Sandiaga mengingatkan kepada Pemda untuk selalu merangkul komunitas dalam menggarap setiap potensi ekraf yang ada. 

 

“Itu karena komunitas merupakan bagian dari unsur pentahelix dalam membangun parekraf. Kedepannya kita ingin mereka menjadi bagian dari pengambilan kebijakan dan penyusunan program-program prioritas yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat," ujar Sandiaga. 

Kata Sandiaga selama ini komunitas masih kurang banyak dilibatkan dalam upaya pengembangan potensi di sektor parekraf oleh karena itu Sandiaga menyebut pemda untuk selalu merangkul komunitas dalam menggarap setiap potensi ekraf yang ada.

Selain itu, Sandiaga menilai kehadiran komunitas juga penting untuk menjaga memperkuat pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sebab UMKM berkontribusi sebesar 97 persen ke penciptaan lapangan kerja di Indonesia. 

 

“Kami berharap komunitas dapat terus menjadi mitra strategis pemerintah dalam menyosialisasikan upaya kita bersama dalam mendorong pengembangan sektor pariwisata. 

 

Lebih lanjut Sandiaga menilai kehadiran komunitas ini juga penting untuk menjaga dan memperkuat pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Komunitas harus dapat memainkan peran dalam mengisi konten-konten atau narasi positif yang membangun pertumbuhan parekraf menuju Indonesia Emas 2045.

Kategori :