Solidaritas Hakim Indonesia Ungkap Telah Menyusun Rencana Aksi Lanjutan

Senin 07-10-2024,12:14 WIB
Reporter : Naya Pramestya Zahra
Editor : Naya Pramestya Zahra

Jakarta, AMEG.ID - Juru Bicara SHI - Fauzan Arrasyid mengatakan aksi pertama berbentuk cuti bersama hakim se-Indonesia yang akan digelar 7 sampai 11Oktober 2024. T elah menyusun rencana aksi lanjutan guna mendesak pemerintah agar memenuhi tuntutan kesejahteraan hakim.

Aksi itu dilakukan karena gaji dan tunjangan mereka tidak disesuaikan sejak 12 tahun lalu sementara inflasi terus terjadi. “Gerakan ini tidak akan berhenti di sini,” kata Juru Bicara SHI Fauzan Arrasyid dalam keterangan resminya kepada wartawan, Minggu (6/10/2024).

Kata Fauzan tindakan ini menjadi bentuk upaya agar pemerintah mendengar dan merespon dengan serius suara hakim seluruh Indonesia. Gerakan susulan itu juga dilakukan ramai-ramai dan akan dilakukan jika tuntutan agar gaji dan tunjangan hakim diperbaiki tidak dipenuhi pemerintah.  “Gerakan massal lainnya sudah dalam tahap persiapan,” tuturnya.

Fauzan menyebut hakim dI Indonesia menolak usulan pemerintah dengan kenaikan gaji pokok sekitar 8-15 persen dan kenaikan tunjangan 45-70 persen. Menurutnya, usulan tersebut tidak bisa menjawab kesulitan yang secara jelas dihadapi hakim di daerah, khususnya Pengadilan Kelas II.

Mereka menyebut, seharusnya pemerintah memprioritaskan perhatian pada kesejahteraan hakim sebagai pilar utama penagakan hukum. “Usulan ini hanya dilihat sebagai langkah formalitas tanpa pertimbangan mendalam terhadap kesejahteraan para penegak hukum di lapangan,” ujar Fauzan.

Usulan pemerintah itu dinilai menyakiti hati hakim seluruh Indonesia dan tidak memahami situasi dan kesulitan mereka. “Usulan ini hanya mengabaikan realitas tersebut dan memberikan angka yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan mendasar mereka,” kata Fauzan. Hakim di daerah, kata dia, kerap menghadapi biaya hidup yang mahal, akses sulit, hingga tanggung jawab besar yang tidak sebanding dengan kesejahteraan dari negara.

Kategori :

Terpopuler