Kota Batu Direncanakan Jadi Contoh Pengelolaan Sampah Nasional

Selasa 03-10-2023,16:13 WIB
Reporter : amegid2
Editor : amegid2

AMEG.ID, Batu - Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia - Siti Nurbaya menyampaikan saat kunjungannya ke TPA Tlekung, kalau ingin menjadikan Kota Batu sebagai contoh pengelolaan sampah nasional untuk tingkat perkotaan.

Melansir Jatim Times, Menurut Siti, pengelolaan sampah di TPA Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu sangat baik, karena dalam pengelolaan sampah butuh kombinasi regulasi, operasional, pelaksanaan, pembinaan dan pengawasan.

Siti Menilai, Kota Batu sudah melakukan pengelolaan yang dimaksud itu. TPA Tlekung sangat sederhana, tapi pengelolaannya sangat bagus. Selama ini lanjutnya, tidak mudah mengelola sampah dan TPA karena sesuai regulasi merupakan kewenangan pemerintah daerah. Namun pada kenyataannya tidak semua daerah memilki fokus yang sama sehingga hasil yang dicapai tidak sama.

"Terima kasih atas kehadiran dan dukungan Ibu Menteri. Dalam pengelolaan sampah Kota Batu, selain mengaktifkan TPS3R di desa dan kelurahan, telah banyak masyarakat yang menyadari bahwa sampah bukan momok tapi bagian dari sumber ekonomi,” ucap Aries. (IC-BG/JATIM TIMES)

Tags :
Kategori :

Terkait