Virus Chikungunya Ditemukan di Kabupaten Malang

Virus Chikungunya Ditemukan di Kabupaten Malang

--

AMEG.ID, Kabupaten Malang - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Wiyanto Wijoyo menyampaikan ada 1 warga diduga terinfeksi virus chikungunya. Hal ini jadi yang terbaru karena tahun 2023 tidak terkonfirmasi ada warga yang terjangkit virus chikungunya.

 

Disampaikan juga oleh Kasubsi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kabupaten Malang Choiriyah, dugaan infeksi virus chikungunya itu terjadi di Kecamatan Dau pada rentang periode Januari-Februari 2024. Meski diduga terinfeksi virus chikungunya, warga tersebut akhirnya dinyatakan pulih usai menjalani perawatan.

 

Melansir Jatim Times, meskipun gejala virus chikungunya hampir sama dengan DBD tapi chikungunya memiliki ciri khas yaitu penderita mengalami nyeri pada bagian persendian mulai dari pergelangan kaki hingga pinggul.

 

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan kebersihan lingkungan. PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) bisa dilakukan dengan cara 3M. Yaitu mulai dari menguras, menutup dan mengubur," pungkasnya. (IC-NY/JATIM TIMES)

Sumber: