Perekonomian di Jawa Timur Tumbuh Pada Triwulan Pertama

Perekonomian di Jawa Timur Tumbuh Pada Triwulan Pertama

statistik hasil survei--

AMEG.ID, Jawa Timur - Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur mengatakan capaian perekonomian di Jatim tembus 764 triliun. Angka itu meningkat dibandingkan dengan capaian pada triwulan 4 tahun 2023 yang mencapai 749 triliun.

 

Melansir Suara Merdeka, kata Kepala BPS Jatim Zulkipli Hasan peningkatan capaian itu salah satunya karena kinerja lapangan usaha transportasi dan perdagangan yang meningkat. Selain itu, pertumbuhan yang relatif tinggi juga terjadi pada beberapa sektor seperti sektor pengadaan listrik, gas, akomodasi, dan makanan minuman.

 

"Artinya perekonomian di Jawa Timur tumbuh sebesar Rp 14,85 triliun dibanding triwulan IV tahun 2023 yang diukur berdasarka Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga. Sedangkan PDRB atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp 470,63 triliun," ujar Zulkipli.

 

Meski begitu, BPS Jatim mengimbau para pemangku kepentingan untuk terus memperhatikan pola pertumbuhan ekonomi tersebut dengan harapan bisa terus meningkat. Serta bisa menjadikan data resmi statistik BPS Jawa Timur sebagai acuan dalam merumuskan kebijakan. (IC-NY/SUARA MERDEKA)

Sumber: