Erwin Red Spider, Nyaman Buka Bubur Bandung di Lawang

Erwin Red Spider, Nyaman Buka Bubur Bandung di Lawang

AMEG - Bila ingin sarapan bubur ayam ala Bandung, datang saja ke Lawang, Kabupaten Malang. 

Di tepi jalan di depan Taman Makan Pahlawan Jalan Monginsidi  Lawang, di sana tiap pagi parkir sebuah mobil  Grandmax warna hitam bertuliskan "Bubur Ayam Bandung Bang Erwin". Kalau datang, jangan lebih jam 10 WIB siang. Sudah habis.

Nah, sesuai dengan nama yang tertera di banner,  yang punya bisnis bubur ayam ini,  adalah Erwin. Dia adalah vokalis band heavy metal terkenal era 90-an dari Surabaya, Red Spiders Band.

Tak ada yang menyangka, Erwin yang gondrong dan garang di panggung dan dielu-elukan ribuan anak-anak muda penggemar musik cadas ini, kini banting stir jualan kuliner bubur ayam khas Bandung. Awalnya gimana? 

Diceritakan Erwin, ia dan istrinya sejak tahun 1998 memang beli rumah di Lawang. Ia nyaman tinggal di Lawang yang jauh dari hiruk pikuk kota Surabaya.

"Setelah diskusi dengan istri, kami putuskan jualan bubur ayam Bandung aja, di sini belum ada, kebetulan saya kan asli Bandung," kata Erwin kepada  ameg.idMinggu (23/5/2021) pagi tadi. 

Ia buka usaha ini ternyata sudah tiga tahun lalu. Pelanggannya sudah banyak. Saat bincang-bincang pun, ia sambil melayani banyak pembeli. "Sebelum pandemi, saya sudah buka bubur ayam ini, nah saat pandemi rekan-rekan musisi bingung nyari usaha lain,  Alhamdulillah,  saya sudah nyaman dengan usaha bubur ayam ini, " katanya.

Tiap hari ia  buka  pukul 06.00 -10.00 WIB. "Kalau pas rame, bisa dapat 500 ribu perhari," ceritanya.

https://youtu.be/hQliGOsAouY

Untuk nyanyi, ia bilang, sekali-kali ia masih tampil bareng sejumlah band. Luwesnya Erwin, ia tak melulu nyanyi lagu-lagu rock atau metal. "Saya juga nyanyi allround, sembarang lagu,  Minggu lalu nyanyi di acara wedding di Surabaya," katanya.

Soal group band yang membesarkan namanya, Red Spider, kini tinggal tiga personil yakni Erwin (vokal), Bobby (drum) dan Munir (gitar). "Bobby sekarang jadi Ustadz di luar Jawa," katanya.

Red Spider berdiri tahun 1987. Terakhir Red Spider mengeluarkan album yang berisi 11 lagu baru pada Juli 2013 lalu,  lewat   lebel Positif Art Jakarta. Dua klip lagunya "Koruptor" dan "Song For You" bisa disaksikan di channel  Positif Art Music di YouTube.

Sejak album yang dikeluarkan 2013 itu, Red Spider lebih banyak vakum. "Apalagi sekarang sedang  pandemi, sopo sing kate ngejob band untuk konser outdoor, ijin belum ada, syukurlah saya punya usaha bubur ayam ini," katanya.

Hebatnya lagi, ia gak pakai anak buah. Yang ngeracik bubur ayam,  dia sendiri. Mau mencoba? 

Sambil nyari udara segar, cobalah datang pagi-pagi ke depan Taman Makan Pahlawan Lawang.-

Sumber: