Jumlah WNA Masuk Indonesia Meningkat

Jumlah WNA Masuk Indonesia Meningkat

wna--

AMEG.ID, Indonesia - Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham mencatat sepanjang Januari hingga Juni 2024 jumlah kedatangan WNA sebanyak 5 juta lebih. Angka itu meningkat 7,28 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023 yang hanya mencatat sekitar 4,7 juta.

 

Melansir Republika, Dirjen Imigrasi Silmy Karim menyampaikan dari seluruh WNA yang masuk ke Indonesia pada semester satu tahun 2024, 68 persen diantaranya menggunakan visa on arrival dan sisanya memakai visa kunjungan.

 

Ada tiga bandara yang paling banyak dilewati pelintas mancanegara diantaranya Bandara Internasional Soetta - Banten, Ngurah Rai - Bali, dan Yogyakarta. Selain itu ada juga tiga pelabuhan internasional dengan volume perlintasan terbesar yakni di Ferry Terminal Batam Center Kepulauan Riau, Pelabuhan Citra Tritunas Batam dan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun.

 

"Digitalisasi layanan yang kami terapkan cukup efektif dengan pengajuan visa secara online melalui evisa.imigrasi.go.id dimana penggunaannya terkoneksi dengan autogate di bandara-bandara besar," kata Silmy. (IC-NY/REPUBLIKA)

Sumber: