Menhub Ungkap Bandara IKN Siap Beroperasi.

Menhub Ungkap  Bandara IKN Siap Beroperasi.

Untuk sementara Bandara IKN ini hanya beroperasi untuk kegiatan pemerintah.--

JAKARTA, AMEG.ID - Menteri Perhubungan (Menhub) - Budi Karya Sumadi mengatakan terkait hal tersebut hal ini diungkapkannya usai rapat dengar pendapat dengan Komisi 5 DPR membahas Rencana Kerja Anggaran 2025.

"Sudah beroperasi. Bandara IKN, tetapi belum untuk umum," ujar Budi Karya di Ruang Rapat Komisi V DPR, Senin (9/9/2024).

 

Menhub menyatakan, Bandara IKN saat ini hanya dapat digunakan untuk keperluan Pemerintah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mulai menggunakan Bandara IKN pada September 2024.

Namun, untuk sementara Bandara IKN ini hanya beroperasi untuk kegiatan pemerintah dan belum dibuka untuk umum. 

 

"Sudah beroperasi tapi belum untuk umum, untuk pemerintah sementara ini," jelas Budi usai dijumapai di Raker  bersama Komisi V di DPR RI, Senin (9/9). 

 

Sebelumnya, Budi mengungkapkan progres pembanguan bandara di IKN ini telah mencapai 74,79%. 

Landasan Pacu Bandara VVIP IKN ...

Kata Budi Bandara IKN saat ini hanya bisa digunakan untuk keperluan pemerintah Presiden Jokowi akan mulai menggunakan Bandara IKN pada September 2024.

Lebih rinci, Budi mengatakan, pembangunan runway per hari ini telah mencapai 1.975 meter. Sementara target Kemenhub adalah 2.200 meter. 

Meski begitu, pembangunan runway ini masih berjalan sesuai rencana. Pasalnya pada Agustus lalu, runway masih baru memiliki panjang 1.025 meter. 

"Pembangunan terus berlangsung cepat meski kondisi cuaca terkadang gerimis dan hujan," tambahnya. 

 

Selain runway, sejumlah perkembangan pada kawasan bandara telah terlihat. Diantaranya terminal VVIP yang pembangunannya telah mencapai 90,16%, dibanding bulan lalu yang masih 82,6%. Sedangkan, untuk terminal VIP telah rampung 77,06%.

 

Budi menambahkan landasan pacu Bandara IKN telah dilakukan uji coba. Sementara Kemenhub tengah merampungkan pembangunan landasan pacu 2.200 meter rampung akhir agustus dan 3.000 meter pada Desember 2024.

Untuk fasilitas penunjang, tower ATC per hari ini telah terbangun 53,71%, gedung administrasi dan operasional sudah terbangun 61,03%, dan Gedung PKP-PK sudah rampung 68,71%. 

"Hingga saat ini pembangunannya berjalan baik. Kendala masih pada kondisi cuaca yang tidak menentu dan agak melambatkan pekerjaan. Tapi, semua masih on track," kata Menhub. 

 

Adapun untuk jalan penunjang akses bandara saat ini sudah terbangun di atas 50%. jalan akses utama telah siap 98,53%, jalan perimeter barat terbangun 66,96%, dan jalan perimeter timur sudah rampung 50,44%. Seluruh jalan ini nantinya yang akan menunjang akses dari dan menuju bandara.

Sumber: