Pemkab Malang Dropping Puluhan Liter Air Bersih

Pemkab Malang Dropping Puluhan Liter Air Bersih

BPBD rutin mendistribusikan air bersih sejak awal September lalu imbas kekeringan yang melanda 12 desa.--

Kepanjen, AMEG.ID - Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan menyebut BPBD rutin mendistribusikan air bersih sejak awal September lalu imbas kekeringan yang melanda 12 desa di lima kecamatan Kabupaten Malang. Jumlah kiriman air diperkirakan terus bertambah sampai musim hujan. 

 

BPBD mengungkap daftar lima kecamatan yang dilanda kekeringan. Yakni Sumbermanjing Wetan, Donomulyo, Gondanglegi, Bantur, dan Kalipare. ”Hari ini (kemarin, 16/10) kami mengirim tandon untuk desa Arjosari, Kecamatan Kalipare,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan kemarin.

 

Sadono juga menyampaikan setiap harinya BPBD harus menyalurkan 88 ribu liter air bersih ke desa Sumbermanjing Wetan , Donomulyo, Gondanglegi, Bantur, dan Kalipare.Kemudian sejak September lalu BPBD sudah men-dropping 1,6 juta liter air bersih dengan jumlah kiriman air diperkirakan terus bertambah  sampai musim hujan.

BPBD Kabupaten Malang Tercatat ...

 

Dia mengatakan, desa yang kali pertama mengajukan permohonan dropping air bersih adalah Sumberagung di kecamatan Sumbermanjing Wetan. Dalam sekali kirim, Desa Sumberagung bisa menyerap 18 ribu liter air bersih untuk 1.086 jiwa. Saat ini, Desa Sumberagung sudah menyerap hingga 419.250 liter air. 

 

Kedua, desa dengan penyaluran air paling banyak adalah Sumberoto, Kecamatan Donomulyo. Sejak mengalami kekeringan pada 9 September lalu, desa tersebut sudah mendapatkan kiriman 285 ribu liter air bersih.Dengan sekali pengiriman mencapai 15 ribu liter air untuk 522 jiwa.Hingga kini, dia mengatakan, hujan masih belum turun pada daerah-daerah kekeringan itu. Beberapa kali hanya mendung namun tanpa hujan. 

 

 

 

Sumber: