Sampang Punya Catatan Peristiwa Tersendiri Di Pilkada 2018

Sampang Punya Catatan Peristiwa Tersendiri Di Pilkada 2018

Khusus di Sampang daerah rawan konflik seperti adanya pemungutan suara ulang (PSU).--

Surabaya, AMEG.ID - Kapolda Jatim - Irjen Imam Sugianto menyampaikan khusus di Sampang ada beberapa catatan peristiwa dalam Pilkada 2018 seperti adanya pemungutan suara ulang (PSU).

Berdasarkan hasil survei Indeks Potensi Kerawanan Pemilu (IPKP) yang dilakukan oleh Direktorat Intelkam Polda Jatim, tujuh daerah rawan tersebut yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Lumajang, Situbondo, dan Lamongan. Kabupaten Bangkalan dengan skor IPKP 9,96, kemudian Pamekasan dengan skor 9,88,  Sumenep dengan skor 9,7, lalu Lumajang dengan skor 10,5, kemudian Situbondo dengan skor 10,12, Lamongan dengan skor 9,74, dan Sampang dengan skor IPKP 10,64.
RRI.co.id - Petahana Harap PSU Pilkada ...

Tidak hanya itu ada juga kejadian perusakan Kantor Panwascam dan di Pilpres 2019 sempat terjadi pembakaran Mapolsek Tambelangan oleh salah satu simpatisan capres. Penilaian tersebut didasarkan pada kejadian-kejadian yang pernah terjadi pada pilkada, pileg, dan pilpres sebelumnya. "Kami berharap hal-hal semacam ini tidak terjadi lagi di Sampang," ucapnya.

Kapolres Dandim dan kepala daerah untuk sama sama siapkan upaya antisipasi. Untuk itu, dia berharap semua jajaran Kapolres, Dandim, dan Kepala Daerah untuk sama-sama menyiapkan upaya antisipasi risiko konflik demi lancarnya pelaksanaan Pilkada Serentak. Daerah rawan, menurut Imam, dipengaruhi oleh fanatisme simpatisan, keterlibatan kepala desa dalam pemilihan, dan faktor masyarakat yang mudah terpancing suasana.

Meski telah dipetakan daerah rawan konflik, Imam menyebut juga perlu diwaspadai terhadap potensi konflik supporter bola, agar tidak dimanfaatkan dalam suasana Pilkada Serentak, konflik perguruan pencak silat. Selain itu, juga perlu diantisipasi terhadap ancaman penyebaran kelompok intoleransi, radikalisme, dan terorisme yang masih memunculkan hoaks serta ajakan mengganggu ketenteraman masyarakat.

 

Sumber: