Tak Akan Berakting Selamanya

Tak Akan Berakting Selamanya

Tampil dalam proyek apa pun, Park Seo-joon selalu berhasil memukau kita. Penampilannya di drama, film, hingga variety show tidak ada yang jelek. Setelah melewati milestone satu dekade di dunia hiburan Korea, apa lagi yang ia kejar?

***

AMEG - ’Sudah sepuluh tahun, ya? Enggak kerasa,’’ celetuk Park Seo-joon, di tengah pemotretan dengan W Korea edisi Juli. ’’Kalau melihat aku masih bertahan di sini, kurasa itu berarti aku telah bekerja dengan baik,’’ lanjutnya santai.

Seo-joon mengawali karir di dunia hiburan Korea yang sangat keras pada 2011. Ketika berusia 22 tahun. Ia kali pertama mendapat perhatian setelah tampil di klip video single Bang Yong-guk yang berjudul I Remember. Pada tahun yang sama, dia mendapat peran kecil di film The Perfect Game. Tahun berikutnya, ia sudah masuk jajaran cast utama drama Dream High 2. Dan the rest is history.

Bulan lalu, pada 15 Mei, Seo-joon menggelar fan meeting virtual. Untuk merayakan 10 tahun debut anniversary. Meskipun, perayaan itu agak terlalu prematur. Sebab, klip I Remember baru dirilis pada September. Sedangkan film perdananya baru tayang di bioskop pada Desember 2011.

’’Aku sendiri menganggap Dream High 2 sebagai debut resmiku,’’ kata Seo-joon. ’’Tapi kalau menengok ke belakang, dari sejak aku mulai akting sampai sekarang, memang sudah 10 tahun. Ada saat-saat menyenangkan, membahagiakan, tapi juga ada saat-saat sulit. Aku bisa melalui semuanya tanpa hambatan berarti. Berkat cinta dan dukungan dari fans,’’ paparnya.

Refleksi Karir

Saat ini, Park Seo-joon boleh dibilang sebagai bintang hallyu paling hot. Setiap proyeknya selalu ngehit. Mulai dari film Midnight Runners dan The Divine Fury, drama Fight For My Way, What’s Wrong With Secretary Kim, Itaewon Class, sampai acara ragam Youn’s Kitchen selalu mendapat sambutan meriah.

Bahkan, Seo-joon siap melebarkan sayap ke Hollywood. Ia dikabarkan bergabung dalam jagat fiksi paling mentereng di dunia: Marvel Cinematic Universe (MCU). Hollywood Reporter melaporkan, aktor 32 tahun itu terlibat dalam proyek The Marvels, sekuel Captain Marvels.

Seo-joon tidak menyangka karir akan membawanya sejauh ini. Ia ingat betul, dulu ia sangat malu melihat aktingnya sendiri di Dream High 2. ’’Aku nonton episode pertama drama itu sendirian di kamarku. Sambil meringkuk di kasur. Aku terlalu malu,’’ kenang Seo-joon. ’’Kurasa, dalam berbagai momen dalam hidupku, aku selalu nervous,’’ ungkapnya.

Dalam setiap wawancara, ia selalu ditanya, proyek mana yang paling ia sukai. Atau paling berkesan. Atau yang ia anggap sebagai titik kebangkitan karirnya. Seo-joon cenderung menghindari pertanyaan seperti itu.

Meski begitu, ia menyebut beberapa proyek yang memang paling berkesan buatnya. Misalnya film Midnight Runners. Yang mengantarnya merebut penghargaan Grand Bells Awards (setara Golden Globes di Hollywood). Selain itu, ia memilih What’s Wrong with Secretary Kim sebagai drama komedi romantis yang paling ideal buatnya.

’’Kurasa aku akan sulit kembali ke masa-masa itu. Dalam setiap proyek, aku selalu total. Aku mencurahkan seluruh kemampuanku. Sampai kalau aku disuruh mengulang, aku enggak akan bisa menampilkan akting yang sama,’’ papar Seo-joon.

Oh ya, Seo-joon juga menyebut Itaewon Class sebagai drama yang berpengaruh besar. ’’Mungkin karena karakter Park Saeoroyi-nya yang bagus sekali. Relatable. Banyak orang merasa terhubung dengannya. Banyak orang memahami kisahnya,’’ paparnya. ’’Aku menerima banyak sekali cinta dan dukungan berkat peran itu. Bukan hanya dari Korea. Tapi juga dari seluruh dunia,’’ imbuh aktor lulusan Seoul Institute of the Arts tersebut.

Gara-gara bermain dalam beberapa komedi romantis yang sukses berat, Seo-joon juga disebut sebagai rom-com master. Menurutnya, itu bukan melulu karena aktingnya. Tapi karena memang dramanya menarik. ’’Aku nggak yakin rahasianya terletak pada ’tatapan romantis’-ku. Aku bisa menampilkan tatapan itu berkat chemistry dengan lawan mainku,’’ ia merendah.

Proyeksi Masa Depan

Meski punya julukan master komedi romantis, tidak ada yang menyangkal bahwa Seo-joon bisa memerankan apa saja. Peran apa saja, genre apa saja, pasti ia eksekusi dengan dahsyat. Namun, menurut Seo-joon, untuk menjadi aktor yang baik, penampilan di depan kamera saja tidak cukup.

Sumber: