Akting Tidak Pernah Monoton

Akting Tidak Pernah Monoton

AMEG - Doom At Your Service sudah memasuki masa injury time. Pekan ini, drama yang dibintangi Seo In-guk dan Park Bo-young itu tamat. Wah, pasti fans bakal kangen pada pasangan beda dunia tersebut. Tak seperti In-guk yang dipastikan sedang menggarap film baru (plus satu filmnya baru rilis di bioskop), Bo-young baru mengonfirmasi satu proyek. Belum syuting pula.

Nah, daripada harap-harap cemas menanti karya baru aktris 31 tahun itu, lebih baik menonton ulang beberapa penampilan dia yang lama. Baik dalam film maupun serial, Bo-young tidak pernah mengecewakan! Memerankan gadis muda imut nan polos, maupun perempuan dewasa yang tangguh, Bo-young selalu sukses memukau penonton. Berkat akting yang matang, range ekspresi yang luas, dan peran yang tidak monoton. Berikut di antaranya.

Strong Woman Bong-soon (2017)

(streaming: Netflix, Viu)

Foto: Istimewa

Duh, serial ini sangat menggemaskan. Sisi cute dan bubbly Park Bo-young terekspos habis-habisan. Sifatnya kontras sekali dengan kekuatan super yang dia miliki sejak lahir. Ya, Bo-young yang mungil itu sangat kuat. Dia mampu mengangkat traktor dengan mudah. Juga menahan peti kemas. Serta menekuk moncong senjata. Pokoknya seperti Superman. Tapi versi imut.

Kekuatan super itu dia manfaatkan untuk bekerja menjadi bodyguard CEO perusahaan game terkemuka, Ahn Min-hyuk (diperankan Park Hyung-sik). Meskipun hampir seluruh drama itu bertujuan memancing tawa, akting Bo-young juga sukses meluluhkan hati audiens. Perjuangan dia untuk mencapai cita-cita sebagai developer game cukup berliku dan mengharukan.

Drama itu sangat sukses. Sampai memecahkan rekor rating JTBC kala itu. Dan hingga sekarang masih menjadi serial komedi romantis klasik yang wajib ditonton oleh penggemar baru K-drama. Bahkan, saking suksesnya, ia pernah diadaptasi oleh saluran televisi AS. Dan berkat drama itu pula, Bo-young mendapat julukan Putri Komedi Romantis.

Bo-young sendiri mengaku Strong Woman Bong-soon membawa pengaruh positif buat dirinya. Bertubuh kecil, dia sering minder saat menghadapi berbagai hal. ’’Setelah syuting drama ini, aku lebih percaya diri. Saat hendak mengangkat beban berat, aku membayangkan diriku sekuat Bong-soon. Dan ternyata aku benar-benar berhasil mengangkatnya,’’ papar Bo-young.

A Werewolf Boy (2012)

(Streaming: Viu)

Jauh sebelum Park Bo-young bertemu makhluk misterius Myul Mang di Doom At Your Service, dia lebih dulu bermain di genre fantasi bersama Song Joong-ki. Tepatnya dalam film A Werewolf Boy. Dalam film lansiran 2012 itu, dia memerankan gadis kota bernama Kim Soon-yi. Yang pindah ke desa bersama keluarganya. Di desa tepi hutan itu, dia menemukan seorang anak liar.

Anak itu bertingkah seperti hewan. Karena tidak pernah berinteraksi dengan manusia. Keluarga Soon-yi merawatnya. Menamainya Chul-soo. Tentu saja, Song Joong-ki bersinar di sini. Namun, akting Bo-young juga tak boleh diremehkan. Masih berusia 21 tahun waktu film itu dibuat, Bo-young memamerkan kematangan emosi yang prima.

Kepolosan masa muda, berbunga-bunga saat merasakan cinta pertama, hingga kedewasaan dia perlihatkan hanya dalam rentang kurang dari dua jam. Plus, di akhir film, kita bisa melihat Soon-yi tua yang memendam penyesalan tak terperi ketika kembali ke rumah di tepi hutan itu. Bittersweet banget. Sangat layak ditonton kembali.

Oh My Ghostess (2015)

(Streaming: Netflix, Viu)

Foto: Istimewa

Ini drama pertama Bo-young yang bergenre komedi romantis. Ketika drama ini tayang dia baru berusia 25 tahun. Lawan mainnya aktor top, Jo Jung-suk, yang 10 tahun lebih tua dari dia. Bo-young sempat dianggap terlalu muda untuk peran tricky di Oh My Ghostess.

Ya, di sini dia memainkan dua karakter sekaligus. Yakni gadis muda Na Bong-sun, yang bekerja sebagai asisten chef di restoran. Bong-sun pemalu, minder, dan tidak punya banyak teman. Suatu hari, dia dirasuki oleh hantu perawan bernama Shin Soon-ae (diperankan Kim Seul-gi).

Sumber: