STATUS GUNUNG IJEN BANYUWANGI KEMBALI NORMA

STATUS GUNUNG IJEN BANYUWANGI KEMBALI NORMA

Setelah berada di level II (waspada) dan menyebabkan pengujung tidak bisa menikmati Blue Fire, per 1 agustus 2023 Gunung Ijen kembali berstatus normal di level 1. Melansir Times Jatim, berdasarkan surat yang dikeluarkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia dengan nomor 263.Lap/GL.03/BGL./2023, status Gunung Ijen berada di level 1 alias normal.

 

Kepala PVMBG Hendra Gunawan mencatat, Penurunan status menjadi normal diberlakukan setelah proses pengamatan yang berlangsung sejak 1 Januari hingga 31 Juli 2023. Hendra Gunawan mencatat Status Gunung Ijen terakhir kali berubah pada Desember 2022. Saat itu, status aktivitas gunung setinggi 2,7 km ini naik dari normal menjadi waspada.

 

"Kami sudah mengirim surat ke BKSDA untuk menyesuaikan kembali dengan jam buka awal spot wisatawan di blue fire," katanya, Sabtu (5/8/2023). 

 

Kemungkinan besar pendakian pada malam hari bakal diperbolehkan, dan pengunjung dapat menikmati blue fire dengan waktu yang cukup lama. (YO-RT/TIMES JATIM)

Sumber: