Pemprov Jatim Pantau Vaksinasi Hewan Ternak

Sabtu 08-06-2024,14:32 WIB
Editor : Naya Pramestya Zahra

AMEG.ID, Jawa Timur - Kepala Dinas Peternakan Jatim Indyah Aryani mengatakan berdasarkan data ISIKHNAS per awal Juni 2024 vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD) di Jawa Timur menunjukan hasil signifikan.

 

Melansir Kompas, untuk Vaksinasi ternak sapi potong sudah mencapai 93 persen atau 3 juta ekor dari total populasi. Kemudian untuk vaksinasi kambing telah mencapai 86 persen serta vaksinasi domba mencapai 64 persen. Hal itu menunjukkan bahwa sebagian besar ternak di Jatim telah divaksinasi.

 

 

“Kami berterima kasih kepada para peternak, tenaga kesehatan hewan, dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam mencapai tingkat vaksinasi yang tinggi ini. Upaya kolektif ini sangat penting untuk menjaga kesehatan hewan ternak dan melindungi mereka dari penyakit yang berpotensi merugikan,” ungkapnya.

 

Sementara menurut data Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional tingkat vaksinasi kerbau masih tergolong rendah yaitu hanya mencapai 27 persen dari populasi. Namun karena capaian ini jatim menunjukkan komitmen yang kuat dalam menjaga kesehatan hewan ternak. (YO)

Kategori :