Produksi Tembakau Nasional Banyak Disumbang Oleh Jawa Timur

Rabu 28-08-2024,15:31 WIB
Reporter : Naya Pramestya Zahra
Editor : Naya Pramestya Zahra

JAWA TIMUR, AMEG.ID - Menurut Pj Gubernur Jatim - Adhy Karyono 50 persen lebih tembakau nasional dihasilkan dari Jawa Timur dan Jatim juga dinobatkan sebagai provinsi penghasil tembakau terbesar di Indonesia.

Pasalnya, Jawa Timur (Jatim) sebagai provinsi penghasil tembakau terbesar di Indonesia.

 

Menurut  Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, 50 persen lebih tembakau nasional dihasilkan dari Jawa Timur.

 
“Tentu ini menjadi perhatian penting bagi pemerintah, bagaimana sektor ini betul-betul memberikan dampak yang positif  terhadap perekonomian di Jawa Timur. Produksi rokok di wilayah kami cukup besar dan juga penyerapan tenaga kerja dari baik dari sigaret kretek tangan (SKT) maupun sigaret kretek mesin (SKM),” terangnya, Selasa (27/8). 

Kata Adhy tingginya produksi tembakau di Jatim bisa memberikan dampak positif untuk perekonomian di Jawa Timur khususnya dalam besarnya penyerapan tenaga kerja baik dari produksi kretek tangan maupun kretek mesin. 

“Demikian juga dengan petani tembakau yang relatif secara pendapatan kesejahteraan juga cukup bagus,” imbuhnya.

Adhy mengatakan, cukai hasil tembakau Jatim mencapai Rp 127 triliun.

“DBCHT ini dibagi kepada daerah penghasil dan daerah-daerah lain secara proporsional. Ini juga membantu dari sisi bagaimana pembangunan bidang kesehatan dan sosial,” katanya.

Selain itu Adhy juga mengatakan cukai hasil tembakau Jatim mencapai 127 triliun dengan perolehan DBHCHT Jatim sebanyak 3 persen atau 3,8 triliun.

Menurutnya, perda ini bukan berarti tidak boleh merokok tetapi untuk tertib dalam merokok.

 

“Di sisi lain memang industri tembakau, rokok dan turunannya yaitu juga memberikan kontribusi yang besar dan juga penyerapan tenaga kerja

Kategori :