Informasi Kesehatan Harus Disampaikan Sesuai Kondisi Masyarakat Kita

Kamis 27-04-2023,21:30 WIB
Reporter : Sugeng Irawan
Editor : Sugeng Irawan

AMEG - Informasi terkait isu kesehatan seharusnya bisa dijelaskan dengan lebih menarik dan sesuai kondisi masyarakat. Jika hal sederhana tapi kerap luput itu bisa dilakukan dengan baik, maka masyarakat pun akan dengan senang hati mengikuti yang disampaikan oleh tenaga kesehatan.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Program Portkesmas dr. Aditya Putra dalam kegiatan Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP) dan literasi digital untuk tenaga promosi kesehatan dan kader kesehatan pada Sabtu, 15 April 2023 lalu yang diselenggarakan di Aula Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Aditya putra menegaskan, Portal Kesehatan Masyarakat (Portkesmas) memiliki keyakinan bahwa dengan meningkatkan kapasitas komunikasi tenaga kesehatan, bisa turut mendukung peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia. “Kami berusaha agar pelatihan ini bisa meninggalkan kesan dan pelajaran yang baik bagi tenaga kesehatan, utamanya tenaga promosi kesehatan di daerah,” ujarnya.

Kegiatan kerjasama antara Portkesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, ini bertujuan untuk memperkuat Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) di Kabupaten Kulon Progo serta mendukung pilar pertama transformasi kesehatan nasional terkait pelayanan kesehatan primer. Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi, Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, ICT Watch, dan Kelompok Kerja RCCE.

Dukungan Hotel Berbintang

Walaupun kegiatan diselenggarakan di Yogyakarta, menariknya acara ini mendapat dukungan dari hotel berbintang Mercure Jakarta Cikini, dan hotel bisnis Ibis Styles Jakarta Simatupang. Dua hotel yang tergabung dalam Accor Group tersebut turut mendukung kesuksesan acara pelatihan KAP ini.

"Saya menilai semua program kerja dan kegiatan Portkesmas yang fokus pada kesehatan masyarakat sangat bagus. Itu menunjukkan para pengurusnya yang umumnya anak muda sangat peduli pada bangsa ini terutama untuk mewujudkan kesehatan masyarakat yang berkesinambungan," ujar pemilik hotel Mercure Jakarta Cikini, dan hotel Ibis Styles Jakarta Simatupang, Ventje Suardana.

Terkait itu, saat Portkesmas menawarkan kerjasama untuk mensponsori acara mereka, Ventje spontan menerimanya. Bapak dua anak itu yakin partisipasi perusahaannya pada berbagai kegiatan Portkesmas memberi manfaat kepada para peserta dan masyarakat luas.

dr. Adrian Surya Cendana (Portkesmas) sedang membantu peserta pelatihan menggunakan alat bantu cek hoaks.

Ventje yang selama ini memiliki kepedulian sosial yang tinggi sangat senang diajak bekerja sama dengan Portkesmas. Apalagi setelah menyimak berbagai kegiatan mereka selama ini yang bersentuhan langsung dengan tenaga kesehatan.

Pria yang sangat rendah hati itu melanjutkan meskipun acaranya di Gunung Kidul, pihaknya tergerak untuk berpartisipasi. Terutama melihat manfaat yang besar dari kegiatan tersebut dan dampak positifnya ke masyarakat.

Ventje juga senang melihat pengelola Portkesmas dan fasilitatornya yang semuanya anak muda. Meski usianya muda namun mereka ahli di bidangnya masing-masing termasuk di bidang komunikasi yang menjadi "senjata utama" dalam pelayanan kesehatan ke masyarakat.

Dukung Kesuksesan Program Kesehatan

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo dr. Sri Budi Utami, M.Kes. Dalam sambutannya, ia memberikan apresiasi kepada Portkesmas, seluruh tenaga promosi kesehatan dan kader kesehatan yang telah berkontribusi dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat.

Pembukaan dan pengantar kegiatan oleh dr. Sri Budi Utami, M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo)

Di sisi lain Direktur Eksekutif Portkesmas dr. Basra Amru menyampaikan harapannya pada kegiatan ini. “Kami berharap kegiatan dan kolaborasi seperti ini dapat terus dilanjutkan, mengingat kebutuhan peningkatan kapasitas teman-teman promosi kesehatan dan kader sangat strategis untuk mendukung kesuksesan berbagai program kesehatan yang ada, khususnya dari aspek komunikasi dan penerimaan masyarakat,” ujarnya menegaskan.

Pelatihan komunikasi difasilitasi oleh dr. Adrian Surya, dr. Aditya Putra, dr. Dhea Mangun dari Portkesmas. Kegiatannya meliputi pengenalan prinsip dasar KAP, berbagi cerita pengalaman di lapangan, dan mengenalkan alat bantu komunikasi untuk penerapannya di lapangan.

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler