AMEG- Indonesia Hotel General Manager (IHGM) Malang Raya di bulan Ramadan 1442 Hijriah, melakukan kegiatan sosial pada masyarakat terdampak musibah tanah longsor di Dusun Brau, Desa Gunung Sari, Kecamatan Bumiaji Kota Batu.
IHGM Malang Raya di bawah koordinasi Ade Sudrajat (GM The 101 Malang OJ) dan Rudy Rinanto Rachmat (GM Zam Zam Hotel & Convention) berdiri sejak 7 tahun lalu.
Rudy Rinanto Rachmat menjelaskan, tidak banyak orang tahu tentang kejadian tanah longsor yang menimpa Dusun Brau, bulan Februari lalu.
Sampai saat ini masih ada 16 kepala keluarga dengan 53 orang warga masih tinggal di pengungsian menunggu selesainya pembangunan tempat tinggal sementara.
“Walaupun bencana ini sudah lewat 3 bulan yang lalu namun hingga kini para korban bencana masih membutuhkan uluran bantuan setelah berbulan-bulan berada di tenda pengungsian dengan fasilitas ala kadarnya, " ungkap Rudy Rinanto Rachmat.
IHGM menembus sulitnya akses menuju lokasi tersebut, untuk menunjukan bahwa para korban tidak terlupakan.
Kegiatan sosial IHGM Malang Raya ini menuai respon positif dari berbagai pengurus cabang se Indonesia, seperti IHGM DPC Jateng, IHGM DPC DKI dan tidak sedikit GM se- Indonesia yang mengirimkan sumbangan atas nama pribadi.
Anggota IHGM Malang Raya berjumlah 32 pimpinan hotel, diterima oleh para pemangku di daerah bencana seperti kepala desa, BPBD, Babinsa dan Babinkamtibmas.
Sementara itu Ketua DPC IHGM Malang Raya, Ratna Dwi Rachmawati mengatakan, saat ini para pekerja perhotelan masih terdampak pandemi Covid-19 namun mereka menyadari bahwa uluran tangan masih banyak dibutuhkan masyarakat.
IHGM tidak hanya menyapa korban longsor, namun juga berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim piatu Pondok Al Hidayah Desa Temas, Kota Batu, melalui program Ramadan Berkah.
Diharapkan kegiatan Ramadan Berkah ini dapat membuat anak-anak yatim piatu bergembira dalam menyongsong dan melaksanakan ibadah puasa. (ir)