Bawaslu Jatim Siapkan Rumah Data Laporan Kecurangan Pilkada

Bawaslu Jatim Siapkan Rumah Data Laporan Kecurangan Pilkada

Rapat Kerja Teknis Rumah Data Pemilu 2024--

Jawa Timur, AMEG.ID - Bawaslu Jawa Timur siapkan Rumah Data untuk menampung berbagai laporan atau aduan yang berkaitan dengan Pilkada 2024. Rumah data ini merupakan komitmen Bawaslu dalam melakukan pengawasan Pemilu.

 

Kata Ketua Bawaslu Jatim Warits rumah data ini nantinya difungsikan sebagai penyimpanan hasil pengawasan dan penindakan Bawaslu di setiap tingkatan di Jatim.

 

"Ini hanya untuk data berbagai laporan kita simpan. Tapi soal laporan, masyarakat bisa melapor sesuai dengan mekanisnepelaporan," kata Warits.

 

Warits menjelaskan saat Pemilu 2024 lalu rumah ini digunakan hanya untuk menyimpan Form A. Kemudian pada Pilpres 2024 lalu rumah ini dikembangkan untuk menyimpan hasil pengawasan di hari pemungutan dan perhitungan suara seperti C-Hasil, Kejadian Khusus,daftar hadir dan foto KTP DPK di TPS.

 


Pembahasan rumah data di wilayah Jawa Timur--

 

"Saat Pemilu 2024 lalu, penggunaan rumah data mampu mengumpulkan ratusan ribu hasil pengawasan. Setelah dikembangkan Rumah Data ini akan menyimpan Form A, imbauan, saran perbaikan, laporan, temuan, rekomendasi, dan sengketa," ujarnya.

 

Mengutip Detik Jatim, Warits menambahkan rumah data ini sudah terkoneksidengan website Bawaslu se-Jatim. Sehingga publik bisa tahu bagaimana kerja yang telah dilakukan pengawas Pemilu.

 

"Insyaallah Rumah Data ini akan aman, yang kami bikin kami upayakan semaksimal mungkin agar data aman," kata Warits.

Sumber: