Perairan Jatim Berpotensi Terjadi Gelombang Tinggi

Perairan Jatim Berpotensi Terjadi Gelombang Tinggi

BMKG Juanda rilis prakiraan wilayah maritim Jatim--

JAWA TIMUR, AMEG.ID - Hari ini (24/8) BMKG Juanda menyebut kondisi di wilayah maritim perairan Jawa Timur diperkirakan bakal terjadi gelombang tinggi khususnya di laut Selat Hindia Selatan Jatim  dengan kisaran gelombang setinggi 1,3 hingga 2,3 meter.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, merilis prakiraan kondisi cuaca Maritim Wilayah Perairan Jawa Timur untuk Sabtu, 23 Agustus 2024. Jawa timur masih diprakirakan cerah dan pada umumnya berawan dari pagi hingga malam hari.

 

 

Menurut BMKG kondisi cuaca yang cerah berawan ini juga masih bisa berpotensi hujan. Potensi hujan dengan intensitas sedang ini dapat terjadi di perairan selatan Jawa Timur.

Waspada, Perairan Selatan Jawa Timur ...

Selain itu di Selat Madura juga diperkirakan ada peningkatan tinggi gelombang antara 0,3 hingga 1,3 meter diikuti oleh peningkatan tinggi gelombang di laut jawa bagian timur dengan kisaran antara 0,3 hingga 1,5 meter.

 

Sedangkan Kondisi cuaca secara umum cerah berawan diseluruh wilayah perairan Jawa Timur, ini berlaku selama 24 jam mulai pukul 07.00 WIB. BMKG tidak memberikan peringatan dini atas cuaca ekstream yang dapat terjadi Jatim.

 

Sementara itu Kondisi arah angin sendiri didominasi dari arah Timur ke Selatan dengan kecepatan angin maksimum di laut Jawa bagian Timur 23 knots atau 43 km/jam dan Selat Hindia Selatan Jatim sebesar 22 Knots atau 41 km/jam.

 

Selain itu masyarakat juga diminta mewaspadai keberadaan awan cumulonimbus yang luas dan gelap   karena dapat menambah kecepatan angin dan ketinggian gelombang.

 

BMKG Juanda juga menyoroti ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.3-1.3 m, laut Jawa bagian Timur antara 0.5-1.5 m dan Selat Hindia Selatan Jatim anatara 1.3-2.3 m.

Sumber: