Bencana Audisi Game of Thrones

Bencana Audisi Game of Thrones

AMEG - Selama hampir satu dekade—delapan musim—fans Game of Thrones melihat Daenerys Targaryen diperankan dengan sangat baik oleh Emilia Clarke. Namun ternyata, ada nama besar lain yang pernah menjajal peruntungan memerankan Mother of Dragon. Dia adalah Elizabeth Olsen. Namun tentu saja, waktu itu nama dia belum besar.

Adik si kembar Mary Kate dan Ashley Olsen itu mengenang pengalaman audisi Game of Thrones di New York. Belasan tahun lalu. Sekitar 2008. Sebelum episode pilot dibuat. Artinya, nama Clarke bahkan belum masuk hitungan. Olsen juga belum genap berusia 20 tahun.

’’Aku mengikuti audisi di depan seorang asisten casting director. Di sebuah kantor sempit di New York. Hanya ada kamera, aku, dan yang mengetes aku,’’ kenang Olsen, dalam wawancara dengan The Hollywood Reporter.

Menurut dia, skrip yang harus dia baca adalah bagian ketika Daenerys habis membakar diri hidup-hidup. Dia ternyata tidak mati. Ketika api padam keesokan harinya, dia melangkah keluar dari abu, bersama tiga ekor naga kecil di pundak. Lalu berpidato di depan khalasar Dothraki.

’’Pidato Khaleesi itu yang harus aku bacakan di depan asisten casting director. Mengerikan sekali. Bencana deh, pokoknya. Aku enggak dipanggil kembali,’’ kenang aktris 32 tahun itu, lantas tertawa.

Waktu itu, Olsen bahkan tidak sempat penasaran. Apakah dia berhasil atau tidak. Dia juga tidak menelepon sang casting director. Tentang mengapa dirinya tidak dipanggil. ’’Dari awal aku sudah menyadari kalau penampilanku buruk,’’ kata Olsen, ketika diwawancarai Kelly Ripa dan Ryan Seacrest terkait topik yang sama.

Namun, mungkin memang peruntungan Olsen bukan di Game of Thrones. Daripada Mother of Dragon, ternyata dia lebih cocok menjadi pahlawan super. Beberapa tahun setelah kegagalan itu, dia sukses mendapatkan peran Wanda Maximoff alias Scarlett Witch, salah seorang anggota Avengers. Dia resmi bergabung di skuad superhero sejak Avengers: Age of Ultron pada 2015.

Total, Olsen bermain dalam empat film Avengers. Bahkan dibikinkan serial sendiri, WandaVision, yang tayang di Disney+. Seperti kita yang tidak bisa membayangkan Daenerys dimainkan orang lain, kita juga tidak rela Wanda Maximoff diperankan aktris selain Olsen. (*)

Sumber: