Pemkot Malang Rencanakan Imunisasi Rotavirus Gratis Untuk Cegah Penularan Diare

Pemkot Malang Rencanakan Imunisasi Rotavirus Gratis Untuk Cegah Penularan Diare

AMEG.ID, Malang - Pj Wali Kota Malang - Wahyu Hidayat menyampaikan, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang pihaknya menguatkan program imunisasi lengkap, sekaligus mencanangkan imunisasi antigen baru rotavirus secara gratis.

Melansir Republika, Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat menyampaikan, upaya yang paling efektif dan efisien dalam mencegah beberapa penyakit berbahaya adalah imunisasi. Seperti diketahui, dalam imunisasi terdapat konsep kekebalan kelompok yang hanya dapat terbentuk jika cakupannya pada sasaran tinggi dan merata di seluruh wilayah.

Jadi untuk mengantisipasi penurunan cakupan imunisasi yang bisa mengakibatkan peningkatan kasus PD3I (Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi) maka perlu dilakukan upaya segera untuk menutup immunity gap.

"Oleh karena itu, untuk mengantisipasi penurunan cakupan imunisasi yang dapat mengakibatkan peningkatan kasus PD3I (Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi, red.), maka perlu dilakukan upaya segera untuk menutup immunity gap,” jelas Wahyu. (IC-BG/REPUBLIKA)

Sumber: