ISPA Menjadi Kasus Penyakit Tertinggi Di Kota Malang 

ISPA Menjadi Kasus Penyakit Tertinggi Di Kota Malang 

AMEG.ID, Malang - Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang - Husnul Muarif menjelaskan, meski nihil laporan kematian, tapi kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Kota Malang, menjadi masalah kesehatan yang paling tinggi. 

Melansir Lentera, Kata husnul, penyakit itu disebabkan adanya faktor internal maupun faktor eksternal, mulai dari faktor lingkungan seperti polusi udara, sampai kondisi rumah dan perilaku individu. Husnul juga menghendaki bahwa kemacetan lalu lintas di Kota Malang, dapat berpotensi menyebabkan gangguan sistem pernafasan, akibat polusi yang dihasilkan dari kendaraan bermotor.

“Ya, polusi itu kan macam-macam, bisa dari asap kendaraan bermotor, polusi dari pembangunan, debu-debunya. Polusi yang lain misal dari lingkungan yang banyak hewan peliharaan, itu sumber polusi. Jadi kalau kemacetan sehingga menyebabkan polusi kendaraan, ya bisa jadi potensi,” tegas Husnul.

Untuk itu pihaknya menghimbau masyarakat untuk tertib menggunakan perlindungan tubuh, seperti penggunaan masker saat berkendara. Sebagai informasi, dikutip dari laman Kemenkes RI, kasus ISPA termasuk dalam 10 penyakit tertinggi yang terjadi di Indonesia. Di mana dalam dunia medis, istilah ISPA digunakan untuk menggambarkan berbagai jenis infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan bagian atas dan bawah. Termasuk hidung, tenggorokan, sinus, bronkus, dan paru-paru. (NF-BG/LENTERA)

Sumber: