Luhut Proyeksikan Pendapatan Pariwisata Capai 3 Triliun

Luhut Proyeksikan Pendapatan Pariwisata Capai 3 Triliun

AMEG.ID, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) - Luhut Panjaitan menyebut, industri pariwisata bisa menghasilkan pendapatan 3.281 triliun, atar setara dengan 18,4 persen produk domestik bruto. 

Melansir CNN Indonesia, Luhut juga menjelaskan, pendekatan tersebut bisa dicapai jika masyarakat Indonesia memanfaatkan wisata dalam negeri, minimal 5 kali dalam setahun. Azwar menegaskan bahwa momentum ini penting untuk dimanfaatkan dalam mendorong pemulihan ekonomi melalui aktivitas pariwisata di dalam negeri.

"Indonesia memiliki potensi perjalanan wisata domestik cukup besar yang bersumber dari 276 juta jumlah penduduk," kata Azwar.

"Jika kita dorong masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan wisata dalam negeri minimal 5 kali dalam setahun, hal ini diproyeksi dapat menghasilkan pendapatan pariwisata senilai Rp3.281 triliun atau setara dengan 18,4 persen PDB nominal," sambung dia.

Menurut Luhut, Aktivitas pariwisata dan penggunaan produk dalam negeri dapat memberikan kontribusi, menjadi katalis perputaran ekonomi nasional. Ia pun merinci capaian pariwisata Indonesia. Pada tahun ini, perjalanan wisatawan nusantara mencapai 688 juta perjalanan, atau naik 13 persen dari 2022. (YO-BG/CNN INDONESIA) 

Sumber: