KPU Siapkan Puluhan Juta Surat Suara Untuk Pilgub Jatim

Senin 07-10-2024,11:39 WIB
Reporter : Naya Pramestya Zahra
Editor : Naya Pramestya Zahra

Jawa Timur, AMEG.ID - KPU Jatim mencatat kebutuhan surat suara untuk Pilgub Jatim  2024 mencapai 32 juta lembar yang merupakan akumulasi dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan cadangan sebesar 2,5 persen.

Adapun jumlah total DPT yang telah ditetapkan oleh KPU Jatim adalah 31.280.418 pemilih.

Kata Komisioner KPU Jatim - Miftahur Rozaq saat ini surat suara sedang dalam proses desain dan persetujuan ke para tim kampanye dan sebagian sudah dalam proses percetakan. 

 

Proses pengadaan surat suara saat ini menjadi atensi KPU Jatim. Dalam waktu dekat KPU akan menggelar rapat koordinasi dengan berbagai pihak.

Selain itu KPU Jatim juga sudah menjadwalkan pencetakan surat suara pertama dengan planning antara 11 - 12 Oktober 2024 setelah rapat koordinasi dengan penyedia.

 

Berdasarkan data yang dirilis KPU, Jumat (4/10/24) sore, terdapat lima item logistik Pilgub yang mayoritas telah sampai di tingkat kabupaten/kota. Lime item itu meliputi kotak suara, bilik, kabel ties, tinta, segel. Sementara distribusi logistik tahap pertama untuk kebutuhan Pilgub Jatim 2024, sudah hampir mendekati 100 persen rampung.

"Kami kemarin sudah melakukan supervisi di beberapa daerah. Alhamdulillah speknya sudah sesuai, begitu juga tempat atau gudangnya sudah sesuai standar," terang Rozaq.

 

Ia menjelaskan, proses pengadaan surat suara ini masuk tahap dua karena KPU harus berkoordinasi dengan paslon terkait desain foto yang akan di pasang. "Tahap dua kami sampaikan ke beberapa tim kampanye dan sudah masuk percetakan. Tinggal kami koordinasi langsung dengan para penyedia membahas jadwal percetakan, pembagian jadwal provinsi dan kabupaten/kota," kata Rozaq.

 

Kategori :

Terpopuler