KPU Jatim Sudah Merancang Jadwal dan Tahapan Debat Calon Pilgub 2024

KPU Jatim Sudah Merancang Jadwal dan Tahapan Debat Calon Pilgub 2024

Debat perdana Pilgub akan dilakukan hari ini sementara persiapan berbagai hal sudah dilakukan.--

Surabaya, AMEG.ID - Untuk debat perdana Pilgub akan dilakukan hari ini (18/10). Sementara persiapan berbagai hal sudah dilakukan. Kata Komisioner KPU Jatim - Eka Wisnu dalam debat perdana bakal ambil tema soal kebutuhan dasar dengan sub tema pendidikan kesehatan kependudukan dan pangan. "Insyaallah debat akan dilaksanakan tanggal 18 Oktober. Lokasinya di Surabaya," kata Komisioner KPU Jatim Eka Wisnu Wardhana saat dikonfirmasi, Kamis (10/10/2024).

Eka menambahkan pihaknya juga yang menentukan tokoh dari berbagai pihak mulai akademisi sampai tokoh masyarakat yang mumpuni menjadi panelis yang siapkan pertanyaan. Panelis yang bertugas menyiapkan pertanyaan ini akan berjumlah lima orang. "Nanti total ada tiga kali debat untuk Pilgub Jatim 2024,"katanya. 

Hanya saja, Wisnu menambahkan untuk jadwal dan tempat pelaksanaan debat kedua dan ketiga belum diputuskan secara resmi. "Hari dan tanggalnya masih belum kita tentukan. Tapi temanya sudah kita tentukan," ungkap Whisnu yang membidangi Divisi SDM dan Litbang KPU Jatim.

KPU : Debat Perdana Pilgub Jatim ...Adapun debat kedua, akan mengambil tema ekonomi dan infrastruktur dengan subtema pertumbuhan, pemerataan, sarana prasarana dan lapangan pekerjaan. Sementara debat ketiga akan mengambil tema hukum, birokrasi dan HAM dengan subtema birokrasi, kebudayaan dan hukum.

"Besok ada 7 panelis dalam debat pertama Pilgub Jatim 2024," kata Komisioner KPU Jatim. Adapun 7 panelis itu yakni Prof Achmad Muhibin Zuhri, Ahli Pendidikan Agama Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya dan Prof Muhammad Syarif, Ahli Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura. 

Selanjutnya Adhitya Wardhono, Ahli Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember serta Sasongko Budisusetyo, Ahli Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya.

 

 

Sumber: