BPBD Jatim Gelar Rakor Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

Kamis 17-10-2024,13:20 WIB
Reporter : Naya Pramestya Zahra
Editor : Naya Pramestya Zahra

Jatim, AMEG.ID - Kalaksa BPBD Jatim - Gatot Soebroto mengatakan saat ini di wilayah Jatim sudah memasuki musim pancaroba beberapa daerah memang masih kekeringan tapi sejumlah daerah lain sudah terjadi hujan. Diketahui rapat koordinasi itu digelar di Ruang Siaga Kantor BPBD Jatim dan diikuti Kalaksa BPBD kabupaten/kota se-Jatim bersama Tim Bidang Kedaruratan dan Logistik masing-masing daerah.

 

Dalam arahannya, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto menyampaikan, saatini Jawa Timur telah memasuki musim pancaroba. Di beberapa daerah memeang masih kekeringan, namun di sejumlah daerah lain telah terjadi hujan disertai angin puting beliung."Karena itu, kami minta agar setiap daerah bisa mulai mengantisipasi kondisi itu dengan melakukan beberapa kegiatan, seperti bersih-bersih sungai, susur sungai, maupun kegiatan lain," ujarnya.

 

Guna mendukung upaya kesiapsiagaan itu, BPBD Jatim juga akan mendistribusikan peralatan dan logistik kebencanaan ke kabupaten/kota. Langkah ini dilakukan untuk mendekatkan kebutuhan logistik dan peralatan dengan potensi ancaman bencana di daerah.

 

Lebih lanjut Gatot menyampaikan apresiasinya karena capaian indeks risiko bencana (IRB) di Jatim semakin membaik. Dia berharap capaian tersebut bisa terus ditingkatkan dengan memperkuat intensitas koordinasi. Ia pun berharap, capaian tersebut bisa terus ditingkatkan dengan cara memperkuat intensitas koordinasi antara kabupaten/kota dengan provinsi dalam berbagai hal.

 

Bencana hidrometeorologi berpotensi terjadi di musim hujan maupun musim kemarau. Macam-macam bencana hidrometeorologi yaitu banjir, tanah longsor, cuaca ekstrem, angin kencang, puting beliung, kekeringan, kebakaran hutan dan lahan, hingga kualitas udara buruk. Dalam rangka menghadapi bencana hidrometeorologi, masyarakat diminta untuk senantiasa waspada.

 

Perlu diketahui pula macam-macam bencana hidrometeorologi yang berpotensi terjadi di musim hujan dan musim kemarau, serta saat pancaroba (pergantian musim hujan ke musim kemarau). Berikut macam-macam bencana hidrometeorologi.

 

 

Kategori :

Terpopuler