Bapanas Bakal Optimalkan Penyerapan Pangan Lokal Cegah Dampak Global

Bapanas Bakal Optimalkan Penyerapan Pangan Lokal Cegah Dampak Global

--

AMEG.ID, Indonesia - Kemarin (18/4/2024) Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi menyampaikan untuk mencegah dampak gejolak geopolitik global ke sektor pangan Indonesia, Bapanas bakal mengoptimalkan penyerapan pangan produksi dalam negeri. Mengutip Antara, Kepala Badan Pangan Nasional saat ini tidak ada tambahan anggaran subsidi dampak kenaikan harga pangan tapi Bapanas memaksimalkan penyerapan produksi pertanian dalam negeri khususnya padi.

"Nggak ada yang menyangka bahwa Iran pake dron menyerang (Israel). Nggak ada yang nyangka (konflik) Rusia dengan Ukraina seperti itu panjang waktunya. Jadi solusinya adalah kita perlu cadangan pemerintah, solusi kita perlu menyiapkan pasca panen mendukung apa yang dikerjakan Pak Amran (Menteri Pertanian) sahabat saya," kata Arief .

Arief menyampaikan hal itu untuk menjawab pertanyaan media terkait langkah Bapanas memastikan ketersediaan pasokan pangan dalam negeri di tengah konflik Iran dan Israel. Bapanas menyebut potensi panen padi mencapai 4,9 juta ton setara beras pada bulan April.

Perkiraan tersebut mengacu pada Kerangka Sampel Area (KSA) dari Badan Pusat Statistik (BPS). Dengan adanya panen dapat menambah stok beras di gudang Bulog. (AN- GL/ANTARA)

 

Sumber: