Jatim Jadi Provinsi Terbanyak Penyediaan Formasi CPNS

Jatim Jadi Provinsi Terbanyak Penyediaan Formasi CPNS

Provinsi Jawa Timur membuka formasi CPNS terbanyak diantara provinsi yang lain di Pulau Jawa.--

JAWA TIMUR, AMEG.ID - Berdasarkan informasi yang disampaikan Bakorwil Bojonegoro di Jatim membuka total 2.314 formasi CPNS dengan rincian 1.800 formasi dialokasikan untuk tenaga teknis dan 514 formasi diperuntukkan bagi nakes.

Provinsi Jawa Timur menjadi provinsi terbanyak dalam membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil alias CPNS 2024 dengan menyediakan formasi terbesar di Pulau Jawa. Dari total formasi yang disiapkan oleh pemerintah pusat, Jawa Timur mengambil porsi signifikan dengan membuka 2.314 posisi, mengalahkan provinsi-provinsi lainnya di pulau Jawa. Jumlah ini mencakup berbagai jenjang pendidikan, mulai dari lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga sarjana strata dua (S2).

Buka Formasi CPNS ...

Selain itu dari Pemprov Jatim juga menyediakan formasi khusus untuk penyandang disabilitas sebanyak 10 formasi dan 50 formasi untuk lulusan cumlaude.

Dikutip dari bakorwilbojonegoro.jatimprov.go.id, dari total 2.314 formasi tersebut, 1.800 formasi dialokasikan untuk tenaga teknis, sementara 514 formasi diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Pemprov Jatim juga menyediakan formasi khusus untuk penyandang disabilitas sebanyak 10 formasi dan 50 formasi untuk lulusan cumlaude.

Seleksi CPNS di Jawa Timur dijadwalkan berlangsung serentak pada 20 Agustus 2024. Para peserta yang lolos seleksi akan ditempatkan di berbagai unit kerja di seluruh wilayah Jawa Timur. Syarat utama bagi pelamar adalah kesiapan untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh instansi terkait.

Plt Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN - Vino Dita Tama menyampaikan para pelamar bisa mengecek lowongan formasi melalui kanal penerimaan CPNS di masing-masing instansi.

"Selain mengecek lowongan formasi melalui kanal penerimaan CPNS Tahun 2024 di masing-masing instansi, pelamar juga dapat melihat keterangan formasi jabatan yang akan dilamar pada menu pencarian informasi tentang detail formasi di portal SSCASN BKN," jelas Vino dalam keterangan tertulisnya pada Senin, 19 Agustus 2024.

 

Seperti diketahui, Pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) telah menyediakan 250.407 formasi CPNS pada tahun ini yang tersebar di 69 instansi pusat dan 478 instansi daerah. Pelamar diimbau untuk secara rutin memantau informasi di portal SSCASN dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi proses seleksi yang kompetitif ini.

Sumber: