Kabupaten Malang Sabet Penghargaan Nirwasita Tantra

 Kabupaten Malang Sabet Penghargaan Nirwasita Tantra

ketiga kalinya Kabupaten Malang meraih penghargaan Nirwasita Tantra--

Kabupaten Malang, AMEG.ID - Untuk ketiga kalinya Kabupaten Malang meraih penghargaan Nirwasita Tantra sebagai bentuk keberhasilan kepala dan dan Pimpinan DPRD dengan kategori kabupaten besar terbaik.

Namun ada yang berbeda dari tahun sebelumnya karena pada Nirwasita Tantra 2023 Kabupaten Malang menyabet 2 penghargaan sekaligus yakni untuk Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD dengan kategori Kabupaten Besar terbaik.

 

Keberhasilan Sanusi dan DPRD Kabupaten Malang meraih penghargaan tersebut menunjukkan komitmen pimpinan daerah dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan. Tujuannya dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Penghargaan tersebut diterima di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) hari ini (18/9).

Pemerintah Kabupaten Malang Kembali ...

Selain itu penghargaan tersebut diberikan karena  komitmen pimpinan daerah Kabupaten Malang dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan yang dinilai sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan.

Penerimaan penghargaan diwakili oleh Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto dan Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi. ”Direktorat Jenderal Perimbangan Kementerian Keuangan telah meminta daftar 21 pimpinan daerah pemenang Nirwasita Tantra untuk menerima dana insentif daerah kategori lingkungan hidup dan kehutanan. Itu sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 125 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Insentif Fiskal Tahun Anggaran 2024” ujar Kepala Pusat Data dan Informasi KLHK Ardi Risman.

Nirwasita Tantra sebagai penghargaan yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan atau program kerja sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah masing-masing.

 

Penghargaan ini yang ke-4 kalinya diterima Kabupaten Malang, yang mana sebelumnya diterima di tahun 2017, 2021, 2022 dan 2023.

Melalui penghargaan ini   Pemkab Malang juga mendapatkan dana insentif yang nantinya  bakal digunakan dalam upaya perbaikan  dan peningkatan kualitas lingkungan hidup.

 

Dengan diberikannya dana insentif daerah diharapkan semakin memacu pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di daerahnya masing-masing. ”Penghargaan diberikan kepada kepala daerah atas kepemimpinan dan pemahaman dia terhadap isu lingkungan, respons kebijakan dan inovasi daerah dalam mendukung penyelesaian masalah isu lingkungan hidup yang menjadi prioritas,” tambahnya. Isu lingkungan yang diangkat mencakup pengelolaan sampah, Ruang Terbuka Hijau (RTH), kualitas air, kualitas udara, kebencanaan dan tata kelola.

 

Wakil Bupati Malang dan Ketua DPRD Kabupaten Malang menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sumber: