Garap Desa Wisata Nusantara, Mahasiswa ITN Malang Juara 1 Rendering Acsent Udayana 2021

Garap Desa Wisata Nusantara, Mahasiswa ITN Malang Juara 1 Rendering Acsent Udayana 2021

AMEG - Konsep desa wisata nusantara dengan kebudayaan Bali, mengantarkan dua mahasiswa Arsitektur S-1 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menjadi Juara 1 Architecture Rendering Competition Acsent 2021. Lomba dihelat Himpunan Mahasiswa Arsitektur Universitas Udayana Bali.

Ini diselenggarakan lewat Instagram mulai April 2021 dan diumumkan Minggu (20/6/2021). Acsent diharapkan menjadi sarana dan upaya menggali bakat dan kreativitas calon arsitek-arsitek muda dalam berbagai keterampilan. Mereka, Maksimilianus Jata dan Alessandro Pareira Saputra Wula. Mahasiswa Arsitektur Kampus Biru mengungguli puluhan peserta rendering dari mahasiswa seluruh Indonesia. 

Dua mahasiswa asal Ende, Nusa Tenggara Timur ini mengangkat konsep “Desain Desa Wisata Nusantara - Destinasi Wisata Nusantara dengan Kebudayaan Bali”. Dengan mengembangkan obyek wisata rumah tinggal bergaya tradisional.  Dikatakan Max, sapaan akrab Maksimilianus Jata, tiap peserta diberi tantangan membuat desain 3D (3 dimensi) modelling dasar dari panitia sebagai acuan rancangan desain. 

Peserta diminta untuk merender objek, mengeksplorasi dan berkreasi dalam menentukan material, lighting, suasana dengan tema yang sudah ditentukan. 
Rendering difokuskan pada eksterior obyek dengan skala kawasan (Desa Wisata Nusantara) secara keseluruhan. Interior bangunan yang didesain secara bebas yang disesuaikan dengan kondisi new normal. “Disini kami banyak sekali merubah material bangunan, interior dan memperbaiki modeling tiga dimensi. Yang kami rasa kurang baik dan lebih bisa mendekati rendering yang lebih realistis."

"Kami menyajikan konsep rendering dengan menceritakan mengenai pentingnya mempertahankan serta merawat warisan budaya nusantara, yang merupakan jati diri bangsa Indonesia,” tutur Max saat dihubungi lewat whatsapp, Kamis (23/6/2021). Karya mahasiswa ITN Malang ini, disajikan dalam bentuk video animasi berdurasi 3 menit dan panel poster. Menceritakan desa wisata nusantara yang berada di Pulau Bali sebagai destinasi wisata dengan tema nusantara.

Serta memberikan pola massa yang baik dan lega. Mampu menghadirkan pengalaman berwisata. Tanpa mengurangi nilai luhur yang dipresentasikan melalui corak dan arsitektur nusantara.  

Ada empat area yang ditonjolkan dalam rendering. Yakni, area entrance taman wisata, area entrance museum, communal space, dan interior gedung teater. Kemudian tiap area di detailkan dengan wujud fasilitas gedung teater, amphitheatre, museum, tempat ibadah, restoran, dan tempat berjualan buah tangan khas Bali oleh masyarakat sekitar. 

“Kami harus membuat sedetail mungkin konsep fungsi bangunan, suasana, dan masih banyak lainnya. Kesesuaian tema, estetika, penyajian karya, kerapian, dan pengambilan view animasi pada panel gambar kami jadikan daya tarik,” imbuh Max. 

Untuk menyatukan bangunan dengan alam, maka material utama yang digunakan adalah bata merah, beton, kayu, atap jerami dan genteng. Penggunaan material dibuat apa adanya tanpa finishing. Dengan tetap mengikuti kaidah-kaidah dalam arsitektur nusantara.  

Tidak mudah membuat rendering detail bangunan demi bangunan. Max dan Sandro sapaan akrab Alessandro Pareira Saputra Wula, membutuhkan waktu hampir satu minggu. Dikarenakan luasan tapak dan kompleksnya beberapa detail. 

Untuk memudahkan rendering 3D model, mereka menggunakan software sketchup pro. Dilanjutkan dengan animasi interior dengan aplikasi Lumion 9.5. Sementara video eksterior kawasan, menseting material dan pencahayaan pada aplikasi Lumion 10. 

Sementara kebutuhan rendering animasi memakan waktu satu minggu.Termasuk editing video pada software adobe premiere pro dan photoshop. Sehingga total pengerjaan animasi dan poster memakan waktu circa 2 minggu. 

Aplikasi Lumion, merupakan software yang biasa digunakan dalam dunia arsitektur untuk kebutuhan mempresentasikan hasil rancangan atau ide desain. Agar lebih mudah dipahami oleh orang awan. Namun untuk dapat menggunakan software dengan nyaman dan baik membutuhkan performa komputer yang mumpuni serta penguasaan software itu sendiri. 

“Untuk 3D modeling dan animasi, kami kerjakan bersama. Saya (Max) mengerjakan bagian exterior dan landscape kawasan. Sedangkan Sandro untuk interior bangunan. Lalu, untuk poster dan post-production serta animasi foto rendering dikerjakan bersama-sama,” beber mahasiswa semester 6 ini. 

Sumber: