Khofifah Siap Fasilitasi Vaksin dan Swab Test PCR Peserta Honda DBL 2021-2022

Khofifah Siap Fasilitasi Vaksin dan Swab Test PCR Peserta Honda DBL 2021-2022

AMEG - DBL Indonesia mematangkan koordinasi dengan berbagai pihak untuk menyukseskan Honda DBL 2021-2022, yang digelar di Jakarta dan Surabaya.

Terbaru, DBL Indonesia bertemu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membahas penyelenggaraan Honda DBL 2021-2022 Seri Jawa Timur, yang digelar di Surabaya, Rabu (15/9) malam.

Tim DBL Indonesia diterima Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Khofifah didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Dr dr Kohar Hari Santoso, Sp An KIC KAP, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Supratomo, dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Budi Santosa.

CEO sekaligus founder DBL Indonesia, Azrul Ananda memaparkan sejumlah hal. Termasuk pemilihan seri Jawa Timur digelar sebagai pembukaan Honda DBL 2021-2022, bersama seri DKI Jakarta.

Azrul menjelaskan, sesuai arahan pemerintah pusat, Honda DBL 2021-2022 diminta dimulai dari Surabaya dan Jakarta. Alasannya, dua daerah ini status level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)-nya sudah rendah. Selain itu, program vaksinasinya juga berjalan sesuai target.

DBL Indonesia sudah berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan. Luhut juga menjabat sebagai koordinator PPKM Darurat di Jawa dan Bali.

Koordinasi berlanjut dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Harapan pemerintah pusat, penyelenggaraan seri Jawa Timur dan DKI Jakarta nantinya bisa jadi percontohan untuk di kota-kota lain," jelas Azrul.

Honda DBL 2021-2022 akan digelar dengan protokol kesehatan (prokes) ketat. Bahkan, ada ketentuan yang ditingkatkan kewajiban vaksinasi tahap dua hingga swab test dengan metode PCR untuk para peserta.

Mendengar pemaparan Azrul, Khofifah menyatakan siap membantu menyukseskan penyelenggaraan Honda DBL 2021-2022 Seri Jawa Timur.

"Monggo untuk kebutuhan vaksin kapan pun bisa dilakukan. Tak harus menunggu seluruh peserta secara bersamaan. Berapa pun bisa disampaikan ke kami untuk kami lakukan vaksinasi. Baik untuk dosis satu maupun dua, kami siap," ujar Khofifah.

Gubernur juga menyatakan siap memfasilitasi kebutuhan swab test PCR. Khofifah bahkan langsung bicara dengan Kadinkes untuk memastikan fasilitas kesehatan di bawah koordinasi Pemprov Jatim yang memiliki alat swab test PCR.

Khofifah berharap penyelenggaraan Honda DBL 2021-2022 bisa menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Memang kami arahnya ke sana (menerapkan aplikasi PeduliLindungi). Sekarang dalam tahap koordinasi teknis dengan pihak terkait," jawab Azrul.

Sumber: