Bresss… Mahasiswa UI Dilindas Pajero Eko
Motor melambat sampai berhenti. Pengemudi mengawasi arah depan, yang tampaknya ada kendaraan dari arah berlawanan, tidak memberi jalan motor itu untuk belok kanan. Sehingga motor berhenti. Menunggu.
Mendadak, dari kiri (arah belakang motor pertama) datang motor (tampaknya akan) menyalip motor yang berhenti itu. Motor yang baru datang itu Kawasaki Pulsar hitam. Datang, langsung jatuh ke arah kanan. Mungkin pengemudinya ngerem mendadak. Motor selip, jatuh ke kanan.
Lalu, Bres….
Tak sampai sedetik, dari arah berlawanan, mobil hitam (Pajero B-2447-RFS) menyambar motor bersama pengemudinya yang sudah jatuh. Tentu, langsung dilindas.
Ketika rekaman video itu diperlambat (slow motion) urutan kejadian sangat singkat itu begini:
1) Motor Kawasaki bersama pengemudinya jatuh ndelosor (terseret) di aspal. Persis, di depan moncong Pajero pada jarak sekitar 1,5 meter.
2) Motor langsung dilindas mobil, sehingga mobilnya sempat mendongak seperti melindas polisi tidur saat melaju cepat.
3) Para pria penghuni warnet langsung keluar. Melihat kondisi jalanan. Mereka mengangkat tubuh Hasya. Yang sudah lunglai, seperti tulangnya remuk. Hasya ditidurkan di tanah, pinggir jalan. Sebab, lalu lintas cukup ramai. Selesai.
Suatu kebetulan, kejadian itu persis di bagian tengah frame kamera CCTV. Dengan lebar pandang yang sama dengan lebar pintu warnet, sekitar enam meter. Itulah satu-satunya 'saksi mata'. Mata kamera.
Dari situ tidak bisa diukur, berapa kecepatan Kawasaki, berapa kecepatan Pajero? Juga tidak bisa diketahui, mengapa Kawasaki mengerem mendadak, sehingga selip dan jatuh ke kanan?
Bisa diduga, motor pertama mendadak melambat dan langsung berhenti, minta jalan hendak belok kanan. Sudah pasang lampu sign belok kanan. Sementara, pengemudi Kawasaki di belakang motor pertama itu, otomatis kaget.
Akibatnya, pengemudi Kawasaki punya waktu dua-tiga detik untuk memutuskan, apakah ia akan menghindar ke kiri, atau ke kanan.
Kalau ke kiri, banyak lubang galian. Juga ada beton-beton penutup lubang galian, berserakan di pinggir jalan. Mengerikan. Apalagi jalanan gelap.
Kalau ke kanan, tidak ada ruang untuk menyalip motor berhenti itu. Tidak ada celah. Lebar jalan cuma sekitar empat meter. Tertutup oleh motor berhenti itu yang sudah melintang. Dari arah depan ada Pajero melaju kencang.
Pilihan satu lagi ke arah sangat kanan (kanan luar) atau banting kanan, menyeberang melintasi lajur arah sebaliknya. Ini paling berbahaya. Karena, pengemudi Kawasaki pastinya sudah melihat ada Pajero melaju dari arah berlawanan.
Sumber: