KEMENTERIAN KEUANGAN DUKUNGPENGEMBANGAN KOPI LIBERIKA SAMBAS

KEMENTERIAN KEUANGAN DUKUNGPENGEMBANGAN KOPI LIBERIKA SAMBAS

Kepala Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Perwakilan Kalbar - Kukuh Sumardono Basuki mengatakan, mereka ikut memberikan perhatian pada kopi liberika Sambas. Hal ini karena kopi liberika Sambas juga sejalan dengan konsentrasi Gubernur Kalbar dan masuk dalam tema Saprahan Bank Indonesia selain kain tenun Sambas.

Kukuh menjelaskan saat ini permintaan pasar terhadap kopi liberika Sambas semakin meningkat tapi pasokan bahan baku masih terbatas. Oleh karena itu ia berusaha memberikan fasilitas agar industri ini makin berkembang.

"Untuk itulah melalui fasilitasi ini berupa bincang kopi sangat strategis agar industri dari hulu dan hilir sejalan. Bagaimana hulu produktivitas, kualitas dan berkelanjutan, " kata Kukuh. 

Kukuh mendorong UMKM terus bergerak bersama dengan hal itu bisa memberikan peran dan dampak besar bagi pelaku usaha itu sendiri serta daerah. Hal ini bertujuan agar para pelaku usaha bukan hanya mengejar keuntungan tapi juga melestarikan jenis kopi ini. (AL - Alifia Nur Syafida/Republik)

Sumber: