Ratusan Anak Terserang ISPA Di Kediri Akibat Cuaca Panas

Ratusan Anak Terserang ISPA Di Kediri Akibat Cuaca Panas

AMEG.ID, Tuban - Data Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran Kediri menyebutkan, selama tiga bulan terakhir (Juli – September 2023), tercatat seribu lebih pasien anak terserang berbagai macam penyakit.

Melansir Berita Jatim, Dari macam-macam penyakit yang menyerang, anak tingkat sekolah dasar (SD) di Kediri, paling banyak menderita penyakit ISPA. Dari tempat tidur anak sebanyak 40 yang ada di Rumah Sakit Gambiran Kota Kediri, hampir setiap hari terisi.

“Udara yang kering dan panas menyebabkan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang ditandai dengan batuk, nyeri kepala, hidung tersumbat, demam dan nyeri di bagian tenggorokan,” katanya.

Menurut dokter spesialis anak RSUD Gambiran Kediri - dr. Ike Wahyu Triastuti, jumlah pasien anak yang terserang ISPA, naik dua kali lipat dibanding periode sebelumnya. Selain ISPA, imbuh dr. Ike, biasanya juga disertai infeksi saluran pencernaan seperti mual dan diare. Dia berpesan, anak-anak dibiasakan untuk sering minum air putih agar tidak terkena dehidrasi. (AL-BG/BERITA JATIM)

Sumber: