Goto Dan Alibaba Jalin Kerjasama Untuk Transformasi Ekonomi Digital Indonesia

Rabu 18-09-2024,14:53 WIB
Reporter : Naya Pramestya Zahra
Editor : Naya Pramestya Zahra

Jakarta, AMEG.ID - PT Gojek Tokopedia (GOTO) melakukan kemitraan strategis dengan Alibaba untuk pengunaan teknologi Alibaba cloud dan kecerdasan buatan selama 5 tahun kedepan.

Langkah ini akan memperkuat layanan serta inovasi digital GoTo dengan dukungan AI dan teknologi cloud dari Alibaba. Direktur Utama GoTo, Patrick Walujo mengatakan, kolaborasi dengan Alibaba ini tidak hanya akan memperkuat infrastruktur teknologi GoTo, namun juga akan meningkatkan kemampuan GoTo dalam menghadirkan solusi dan layanan terdepan kepada jutaan pengguna dan pelaku bisnis di Indonesia. 

Kata Direktur Utama GoTo - Patrick Waluyo kolaborasi ini memperkuat infrastruktur teknologi GoTo dan inovasi dalam transformasi digital di Indonesia.

"Kemitraan ini menjadi titik pencapaian penting dalam upaya kami menghadirkan ekonomi digital Indonesia yang tangguh dan inklusif," katanya dikutip dalam keterangan resmi yang disampaikan dalam keterbukaan informasi BEI, Rabu, 18 September 2024.

Patrick Menambahkan kerjasama dengan Alibaba dapat mengembangkan kebutuhan talenta mempertahankan daya saing digital berbasis kecerdasan buatan dan memberikan nilai tambah bagi pemegang saham.

Langkah ini, lanjut Patrick, juga memperkuat komitmen GoTo untuk menghadirkan kemitraan yang dapat mendorong pertumbuhan berkelanjutan secara jangka panjang. "Serta memberikan nilai tambah bagi pemegang saham,” jelasnya. Sebagai bagian dari cakupan kemitraan strategis tersebut, Alibaba Cloud akan menyediakan berbagai layanan terkait cloud, termasuk komputasi cloud, berbasis cloud, jaringan, keamanan data dan analytics. 

 

Lebih lanjut Alibaba Cloud akan menyediakan layanan seperti Komputasi cloud, Basis Cloud, Jaringan Keamanan data dan Analytics.

Selina Yuan, Vice President Alibaba Group dan President International Business, Alibaba Cloud Intelligence mengatakan, sebagai penyedia layanan cloud terkemuka di Indonesia selama lebih dari tujuh tahun, pihaknya sangat antusias bekerja sama dengan GoTo dalam transformasi digitalnya mendorong inovasi di Indonesia. 

Penguatan kemitraan strategis ini mengukuhkan komitmen Alibaba sebagai investor jangka panjang GoTo. Kemitraan ini akan dilakukan selama 5 tahun, dengan komitmen Alibaba untuk mempertahankan kepemilikan saham GoTo selama periode kemitraan tersebut. Per 31 Agustus 2024, Alibaba Group memiliki 88.531.124.993 lembar saham seri A GoTo.

Kategori :