Saat Jagongan Bareng, Pj Wali Kota ‘Ditodong’ Problematika Kota

Saat Jagongan Bareng, Pj Wali Kota ‘Ditodong’ Problematika Kota

--

AMEG.ID – Pejabat Wali Kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat MM. Masa baktinya hanya sampai September 2024 mendatang. Itu pun setiap tiga bulan sekali, menjalani evaluasi.

Tapi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan menumpuk. Saat menerima estafet kepemimpinan dari Sutiaji. Wali Kota Malang periode 2018-2023. Itu jika pekerjaan rumah tersebut, tak mau disebut sebagai problem kota tinggalan Sutiaji.

Seperti masalah-masalah yang dimintakan penyelesaiannya. Yang muncul dalam: “Jagongan Bareng Ngrembug Problematika Kota Malang”. Digelar oleh Yayasan Bangkitnya Malang Kucecwara (BMK), Minggu (14/4/2024) malam di Café Jeep, Jalan Ki Ageng Gribig, Kota Malang. 

“Salah satunya soal Kayutangan Heritage. Sekarang sudah terpecah jadi dua. Ada Kayutangan Heritage Lor dan Kidul. Pemisahnya taman di tengah-tengah perempatan Rajabali,” ujar Eko Yudi Irawan atau Eko Jeep, Ketua Yayasan BMK.

Akibat pemisahan itu, sebut Eko Jeep, justru menimbulkan titik kemacetan baru. Karena semua kendaraan, harus dilewatkan Kayutangan Heritage. Pun Ambulans yang melintas, tidak bisa potong jalan.  

Dekorasi Kayutangan Heritage, juga disoroti Yayasan BMK. Utamanya menyangkut lampu jalan. Sangat kental aroma Yogyakarta. Tidak ada cirikhas Malangannya. Hingga muncul kesan, memindahkan ornamen Keraton Yogyakarta ke Kota Malang. 

“Karena dari sisi desain, pewarnaan dan penempatan, sangat Yogyakarta sekali. Ciri khas Keraton Yogyakarta itu adalah warna hijau dan kuning. Dalam sejarahnya, di Kayutangan Heritage, juga tidak ada lampu jalan,” sebut Restu Respati, dari Komunitas Jelajah Jejak Malang.

Lantas Restu bertutur soal desain lampu. Harusnya mengadopsi ketika Kota Malang berdiri di masa kolonial Belanda. Arsitekturnya pun tidak jauh dari gaya kolonial. Mulai desain hingga warna. 

Jika ingin memasang lampu di Kayutangan Heritage, desainnya seperti lampu peninggalan kolonial. Saat ini masih ada di Jembatan Kahuripan. Lalu diadopsi untuk lampu flyover di Arjosari. 

“Warna Kota Malang itu adalah biru. Tidak saja karena ada Arema. Tapi dari logo Kota Malang di era kolonial, sudah ada warna biru,” tambah Restu. 

Masih di kawasan Kayutangan Heritage, jagongan bareng itu juga menyoroti keberadaan Lori. Yang tiba-tiba saja ada di samping Taman Chairil Anwar. Padahal di kawasan tersebut, dalam sejarahnya tidak pernah ada jalan lori. 

Menjadi terasa janggal. Juga tak ada nilai sejarah. Agar generasi saat ini mau belajar. 

Lalu muncul wacana memindahkan Lori. Ke kawasan yang pernah ada sejarah punya jalan lori. Seperti di sekitar Taman Kunang-kunang, sampai di belakang kawasan Pujasera Pulosari. 

 

Sumber: