Kemendag Siapkan Langkah Strategis Tingkatkan Indeks Keberdayaan Konsumen
--
AMEG.ID, Indonesia - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjelaskan akan menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk meningkatkan indeks keberdayaan konsumen di Indonesia.
Melansir Antara, Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Dirjen PKTN) Kemendag - Moga Simatupang menjelaskan bahwa pihaknya akan meningkatkan efektivitas peran pemerintah melalui penguatan regulasi. Selain itu, Kemendag juga akan bersinergi dengan para pemangku sebagai wujud kerja yang sama.
"Hal ini untuk menciptakan keseimbangan antara kepentingan konsumen dan pelaku usaha," Ujar Moga melalui keterangannya di Jakarta, Jumat (19/4/2024).
Selanjutnya, Moga juga menjelaskan bahwa Kemendag juga bakal melakukan survei indeks keberdayaan konsumen secara kontinu setiap tahun guna melihat tingkat keberdayaan konsumen Indonesia. Dalam hal ini ada lima level indikator yaitu sadar, paham, mampu, kritis dan berdaya sebagai level indikator tertinggi. (YP-NY/ANTARA)
Sumber: