Khofifah-Emil Jadi Paslon Pertama Yang Daftar Ke KPU Jatim

Khofifah-Emil Jadi Paslon Pertama Yang Daftar Ke KPU Jatim

Khofifah-Emil saat mendaftar ke KPU Jatim --

JATIM, AMEG.ID - Hari ini (28/8/2024) Khofifah Indar Parawansa - Emil Dardak jadi bakal paslon pertama yang mendaftarkan diri ke KPU jatim untuk maju dalam Pilgub Jatim.

15 partai pengusung Khofifah-Emil, di antaranya, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PKS, PSI, PPP, NasDem dan Perindo. Lalu, Partai Gelora, Partai Buruh, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Garuda, dan Partai Prima yang tak lolos verifikasi.

Arak-arakan budaya mengiringi pendaftaran sang petahana ini ke KPU Jatim. Khofifah-Emil sempat menaiki sepeda listrik hingga lanjut diantar Ul Daul, sebuah kereta kesenian tradisional khas Madura.

Mereka diiringi ribuan relawan hingga ragam kesenian daerah khas Jawa Timur. Antara lain, Singo Ulung dari Bondowoso, Tari Remo khas Jawa Timur, Tari Lele khas Lamongan, kesenian Jaranan dari Surabaya, Reog Ponorogo dan kesenian lainnya.

Pantauan detikJatim, Jalan Raya Kendangsari dan Jalan Raya Tenggilis yang berada di depan Kantor KPU Jawa Timur juga ditutup untuk arak-arakan ini.

VIDEO: Diusung 14 Partai, Khofifah-Emil ...

Sementara Khofifah-Emil diusung 14 partai politik seperti Gerindra Golkar dan Demokrat.

Khofifah dan Emil kompak mengenakan baju putih dan celana hitam. Mereka juga ditemani sejumlah kader hingga ketua parpol pendukung.

"Dengan membawa kegembiraan, kami datang dengan kesopanan dan kesantunan, kami datang dengan cita-cita membawa Jatim unggul di Negara Republik Indonesia. Dengan bangga, kembali kami persembahkan untuk Provinsi Jatim, Ibu Khofifah dan Mas Emil, mari bersama-sama kita wujudkan Jatim menjadi provinsi yang unggul," kata Sekretaris DPD Gerindra Jatim Kharisma Febriansyah saat membacakan sambutannya di KPU Jatim, Rabu (28/8/2024)

Sebelumnya, Khofifah mengatakan, dirinya akan menggelar pengajian, khataman Qur'an, hingga memberi santunan anak yatim di kediamannya di Jemursari sejak subuh. Di kediamannya pula pertemuan dengan parpol akan digelar sebelum pendaftaran ke KPU.

 

Saat mendaftar khofifah-emil diiringi ribuan relawan sampai ragam kesenian daerah khas Jatim salah satunya Tari lele khas Lamongan.

Motor listrik ini menjadi simbol komitmen Khofifah-Emil untuk mendukung penerapan green energy di Jawa Timur.

Kemudian, 1 kilometer sebelum Kantor KPU Jatim, Khofifah-Emil akan diarak oleh karnaval budaya melibatkan berbagai kesenian asli Jawa Timur. Arak-arak ini juga diikuti kader partai politik pengusung mereka, simpatisan, juga para relawan.

"Insyaallah ada Reog Ponorogo, Uldaul Madura, Barongsai, Remo. Ini mirip karnaval budaya," kata Khofifah.

Karnaval budaya tersebut, kata Khofifah, merupakan spirit yang akan diusung oleh dirinya dan Emil Dardak. Yakni keberagaman dan guyub rukun di Jawa Timur. Menurutnya, ada 5 subkultur budaya di Jatim sehingga karnaval budaya itu akan mewakili gambaran harmonisasi kultur tersebut.

Sumber: