Ratusan Virus Terdeteksi Di China Berpotensi Tularkan Ke Manusia.

Ratusan  Virus Terdeteksi Di China Berpotensi Tularkan Ke Manusia.

Ratusan Virus--

JAKARTA, AMEG.ID - Para peneliti awalnya melakukan penelitian terhadap sampel paru-paru dan usus dari 461 hewan ternak penelitian yang dipimpin China itu meneliti berbagai jenis hewan yang meninggal karena penyakit.

Para peneliti awalnya melakukan penelitian terhadap sampel paru-paru dan usus dari 461 hewan ternak. Penelitian yang dipimpin China itu meneliti berbagai macam hewan, mulai dari kelinci, rubah, rakun, hingga cerpelai yang meninggal karena penyakit.

Melansir Economic Times, sampel hewan mati ini berasal dari berbagai peternakan. Namun demikian, ada juga beberapa hewan yang merupakan satwa liar dan tidak berasal dari peternakan.

Wabah Covid-19: Persfektif Pendekatan ...

Sementara sampel hewan yang didapatkan berasal dari peternakan dan juga beberapa hewan yang merupakan satwa liar. Lebih lanjut peneliti menyebut kurang lebih 39 virus berpotensi menyebar ke manusia mulai hepatitis E hingga ensefalitis Jepang.

"Sebanyak 125 virus ditemukan, dan 36 di antaranya merupakan virus baru," tulis studi tersebut yang diterbitkan dalam jurnal Nature.

Bukan hanya itu, mereka juga menyebut, kurang lebih ada 39 virus yang berpotensi menyebar ke manusia, mulai dari hepatitis E hingga ensefalitis Jepang.

Para peneliti juga menemukan beberapa jenis virus lain, seperti Corona. Namun, tak ada satu pun yang berkaitan erat dengan jenis virus Corona yang menyebabkan pandemi Covid-19.

Dari temuan ini ada satu virus yang paling mengkhawatirkan yaitu virus Pipistrellus HKU5 yang terdeteksi pada kelelawar.

 

Tapi, dari semua temuan ini, ada satu jenis virus yang paling mengkhawatirkan. Virus ini adalah Pipistrellus HKU5 yang terdeteksi pada kelelawar. Virus ini masih berdekatan dengan yang menyebabkan Middle East Respiratory Syndrome (MERS).

Sumber: