Pemkot Batu Raih WTP Enam Kali Berturut-turut

Jumat 28-05-2021,17:14 WIB
Reporter : Ananto Wibowo
Editor : Ananto Wibowo

AMEG - Pemkot Batu kembali menerima penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2020. Penghargaan diterima Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, dari Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Joko Agus Setyono.

Batu sendiri telah mendapat penghargaan WTP enam kali berturut-turut, sebagai bentuk kesesuaian laporan keuangan yang telah dilaksanakan dengan standar akuntansi pemerintah intern, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

WTP menggambarkan kondisi sebuah daerah yang telah menerapkan transparansi dan good governance. Selanjutnya informasi diolah dan disajikan dalam laporan, hingga  menghasilkan predikat WTP.

Dewanti mengaku bersyukur atas raihan itu, sekaligus bukti pengelolaan keuangan daerah yang dilakukan Pemkot Batu berkualitas.

"Alhamdulillah kembali WTP untuk yang ke lima kalinya pada tahun ini. Kami bersyukur atas raihan ini, berkat kerja keras seluruh ASN dan on the track," jelasnya, Jumat (28/7/21).

Raihan ke enam kalinya ini diraih melalui sinergitas, bagaimana semua dinas bisa menjalankan program dengan baik. Pihaknya mampu melaporkan pertanggungjawaban sesuai standar akuntabilitas yang disarankan BPK.

"Kami berharap semua dinas mampu mempertahankan laporan sesuai standar. Dan tahun selanjutnya memperoleh penghargaan lagi," jelas Dewanti.

Selanjutnya, sambung Dewanti, Pemkot Batu lebih menekankan pada akuntabilitas dan transparansi keuangan agar ditingkatkan.

“Kami berkomitmen agar opini WTP bisa kembali diraih, dengan tetap berpegang pada indikator penentu bagi daerah untuk menyabet opini WTP," tandasnya.

Dia juga berharap semakin mendapat kepercayaan lebih dari masyarakat. Terkait dana yang dikelola pemerintah, pihaknya memastikan bisa berjalan baik dan transparan.

"Kami ingin penghargaan WTP bukan yang terakhir, tapi berkesinambungan dari tahun ke tahun," tutupnya.(*)

Tags :
Kategori :

Terkait