Kembangkan Potensi UMKM Pemdes Sekarpuro Sukseskan Program One Village One Product.

Kembangkan Potensi UMKM  Pemdes Sekarpuro Sukseskan Program One Village One Product.

Mensukseskan program Pemkab Malang One Village One Product One Village One Destination.--

Sekarpuro, AMEG.ID - Kepala Desa Sekarpuro Sulirmanto menyampaikan untuk mensukseskan program Pemkab Malang One Village One Product One Village One Destination pihaknya mengembangkan potensi UMKM.

Kepala Desa Sekarpuro Sulirmanto menyampaikan, bahwa dalam menyukseskan program dari Pemkab Malang yakni "One Village One Product, One Village One Destination", pihaknya terus berupaya mengembangkan potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di wilayah Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Hal itu selaras dengan program Pemkab Malang terkait dengan One Village One Product. Sulirmanto menyebut, sejak tahun 2019, pihaknya bersama para perangkat desa terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar mencari peluang untuk menciptakan sebuah produk UMKM yang bisa diunggulkan.

 

"Alhamdulillaah, untuk Desa Sekarpuro banyak sekali warga yang mempunyai usaha home industry ya, kue kering, kripik tempe, tempe kacang, jamu, dan lain-lain, itulah yang menjadi potensi desa kami," ungkap Sulirmanto kepada JatimTIMES.

Kata SUlirmanto saat ini cukup banyak warga Desa Sekarpuro yang memiliki usaha home industry seperti kue kering keripik tempe dan jamu.

Pihaknya mengaku bahwa potensi UMKM di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang akan terus dikembangkan. Sehingga, produk-produk asli dari Desa Sekarpuro dapat dikenal dan dinikmati oleh masyarakat dari luar wilayah Desa Sekarpuro.

Oleh karena itu, pihaknya meminta adanya keterlibatan peran serta dari perangkat daerah terkait untuk membantu pembinaan serta pemasaran produk UMKM masyarakat Desa Sekarpuro.

"Harapannya dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat Desa Sekarpuro melalui pengembangan potensi UMKM," ujar Sulirmanto.

 

Selain itu, dia juga menyebutkan, dalam rangka mewujudkan One Village One Destination, pihak Pemerintah Desa Sekarpuro telah melakukan komunikasi intensif dengan pihak terkait dalam rangka penggalian warisan purbakala situs sekaran yang berada di wilayah Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

 

Sulirmanto juga menyampaikan potensi UMKM akan terus dikembangkan jadi produk-produk asli dari Desa Sekarpuro bisa dikenal dan dinikmati masyarakat.

"Situs Sekaran masih penggalian. Kami pemerintah desa bekerja sama dengan pihak terkait, kami ingin membuat buku sejarah situs sekaran dan ini akan menjadi wisata sejarah," kata Sulirmanto.

 

Terlebih lagi, Situs Sekaran juga sudah dianggap sakral sejak dulu oleh masyarakat Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Setiap peringatan satu suro, masyarakat selalu menggelar istighosah dan tahlilan.

Sumber: