Sejumlah Wilayah Diprediksi Masuk Musim Kemarau Pekan Ini

Sejumlah Wilayah Diprediksi Masuk Musim Kemarau Pekan Ini

kemarau--

AMEG.ID, Indonesia - Berdasarkan prediksi BMKG beberapa wilayah diprakirakan mulai masuk musim kemarau di dasarian 3 atau sepuluh hari ketiga bulan Mei. Hal itu diungkap BMKG dalam prediksi Musim Kemarau 2024 yang mencakup 699 wilayah zona musim di Indonesia.

 

Melansir CNN Indonesia, BMKG merinci untuk daftar wilayah yang mulai memasuki musim kemarau seperti Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Lampung, seluruh wilayah Jawa, Bali, Papua, Sulawesi Selatan, dan Jabodetabek. Sesuai dengan prediksi itu, awal musim kemarau 2024 dimulai sejak Mei hingga Agustus 2024.

 

Lebih lanjut, BMKG menyebut awal musim kemarau ditetapkan berdasarkan jumlah curah hujan dalam satu dasarian kurang dari 50 milimeter dan diikuti oleh dua dasarian berikutnya. Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita memprediksi puncak musik kemarau 2024 terjadi di bulan Juli dan Agustus 2024.

 

"Dalam kondisi ini, awal musim kemarau akan dimulaipada dasarian pertama ketika curah hujan dalam dasarian tersebut juga kurang dari 50 milimeter," tulis BMKG dalam laporannya. (IC-NY/CNN INDONESIA)

Sumber: