Puluhan Gedung Sekolah Di Kota Malang Butuh Perbaikan

Puluhan Gedung Sekolah Di Kota Malang Butuh Perbaikan

Mendapati adanya pendataaan 51 gedung sekolah dasar butuh perbaikan.--

Kota Malang, AMEG.ID - Setelah mengunjungi Disdikbud Kota Malang pekan lalu (28/8) Pj. Wali Kota Malang - Iwan Kurniawan mendapati adanya pendataaan 51 gedung sekolah dasar (SD) di Kota Malang yang membutuhkan perbaikan.

 

Orang nomor satu di Pemkot Malang itu mendapat informasi tentang kondisi 51 gedung sekolah dasar dan 13 sekolah menengah pertama, kondisi rusak dengan kategori berat, sedang, dan ringan.

Pj. Wali Kota Malang Iwan Kurniawan langsung gerak cepat menindaklanjuti hasil kunjungan ke Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang tersebut.

Salah satunya terkait dengan rencana perbaikan gedung sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Kota Malang.

Lebih lanjut, Iwan mengatakan perbaikan gedung itu merupakan prioritas yang harus segera di lakukan.

 

Iwan menambahkan, ini juga dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Kota Malang yang harus di tunjang dengan sarana dan prasarana belajar yang representatif.

Selain 51 gedung sekolah dasar yang butuh pembenahan juga terdapat 13 sekolah menengah pertama dengan kondisi rusak kategori berat   sedang dan ringan.

 

Ia tidak menampik bahwa perbaikan tersebut membutuhkan alokasi anggaran yang besar.

Selain menggunakan anggaran APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBD tahun 2025.

Terkait hal tersebut, Iwan juga mengupayakan kontribusi perusahaan melalui program TSP (tanggungjawab sosial perusahaan).

“Mengamati data ini (gedung rusak), maka ini menjadi satu kebutuhan, prioritas yang perlu segera dilakukan,” ujarnya.

Kemudian Iwan Kurniawan juga langsung menindaklanjuti hasil kunjungan tersebut dan melakukan perencanaan perbaikan gedung SD dan SMP di Kota Malang untuk meningkatkan mutu pendidikan   dengan meningkatkan sarana dan prasarana belajar yang representatif.

Karena sarana dan prasarana yang representatif, kata Iwan berdampak pada mutu pendidikan.

Sumber: